Soal Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Jokowi: Kalau Terjadi Pidana, Polri Harus Tegas Lakukan Tindakan Hukum

Ket. Foto: Jokowi/Ist

Smartcitymakassar.com – Bogor. Capres nomor urut 01 Jokowi menegaskan jika ada tindak pidana dalam kasus di Malaysia bisa ditindak tegas. Ia mengatakan polisi harus tegas melakukan penegakan hukum terkait kasus surat suara tercoblos di Malaysia agar Pemilu berjalan damai, jujur dan adil.

“Kalau terjadi pidana, Polri, polisi harus tegas lakukan tindakan hukum, supaya pemilu ini jadi pemilu yang jujur dan adil, dan jangan meresahkan masyarakat,” kata Jokowi usai menghadiri kampanye di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).

BACA JUGA  Bersama Ustaz Das'ad Latif, Jusuf Kalla Sambangi Masjid Kubah 99 Asmaul Husnah

Jokowi mengatakan bahwa dirinya sudah menyampaikan untuk melakukan pengecekan dan investigasi baik oleh KPU, Bawaslu dan Kepolisian, jika terjadi pelanggaran pastikan bisa ditindak. Ia pun menjelaskan, kalau pengawasan Pemilu adalah kewenangannya Bawaslu, dan jika ada indikasi pidana merupakan ranahnya kepolisian.

BACA JUGA  Bersama Ustaz Das'ad Latif, Jusuf Kalla Sambangi Masjid Kubah 99 Asmaul Husnah

Jokowi jug menegaskan bahwa urusan Pemilu adalah urusan KPU yang independen. Pemilu di luar negeri diselenggarakan oleh PPLN dan tidak ada kaitannya dengan pemerintahan yang ada di dalam negeri.

“Yang di luar negeri adanya PPLN tidak ada sangkut pautnya dengan pemerintahan di sini. PPLN menyelenggarakan Pemilu di luar negeri,” kata Jokowi. (Aan/IP)

Lihat Semua

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua