Brorivai Center (BRC) Foundation Hadir Untuk Kemaslahatan Publik

Keterangan Foto: Dr. Abdul Rivai Ras, Founder Brorivai Center (BRC) Foundation, diapit oleh para penggerak lembaga ini

Smartcitymakassar.com – Makassar. Brorivai Center Foundation (BRC) kini memasuki tahun kedua sebagai lembaga yang berkiprah dalam bidang riset politik, keamanan dan pembangunan. Di samping itu, lembaga ini juga menjalankan fungsi sosial yakni, tanggap kemanusiaan dan lingkungan.

Sesungguhnya secara fisik foundation atau lembaga ini sudah dirintis dan berdiri sejak awal 2016 yang disebut sebagai Rumah Cerdas Ta’, yang berfungsi sebagai pusat bantuan kapasitas dalam mendorong kecerdasan warga negara.

Melalui Founder lembaga ini, Dr. Abdul Rivai Ras menyampaikan bahwa secara praktis Brorivai Center sudah bekerja sejak empat tahun lalu.

“Dalam aktivitasnya sudah banyak berbuat demi kemaslahatan publik. Paling tidak ikut memberikan pendidikan politik, pembangunan karakter, penggandaan kecerdasan warga dalam berkarya dan berbangsa di tengah-tengah kehidupan politik yang kian dinamis,” ungkap Rivai saat ditemui media, Minggu 7 April 2019.

BACA JUGA  Gelar Konferancab Pertama Kali di Makassar, PAC GP Ansor Tamalate Jadi Percontohan

Intinya, kata Rivai, tekad lembaga ini bekerja untuk mengawal dan merawat demokrasi serta kepentingan nasional NKRI yang didambakan guna menopang kemajuan, perubahan dan keberlanjutan pembangunan di masa depan.

“Lembaga ini berbuat demi kemaslahatan publik, sekecil apapun yang kita kerjakan dengan disertai niat yang tulus pasti punya nilai kemanfaatan. Tentu dalam berbuat seperti ini tidak terlepas dari kemampuan dan kapasitas foundation itu sendiri karena butuh sumberdaya dan kepemimpinan,” terangnya.

Agenda penting yang diprioritaskan lembaga ini adalah melakukan kajian strategis tentang trend dan issues dinamika politik, keamanan dan pembangunan baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

“Selain riset, lembaga ini memiliki peran dalam tanggap sosial yang nyata untuk ikut mengatasi persoalan bangsa,” ujar Bro Rivai, sapaan akrab Rivai Ras.

BACA JUGA  Tertarik dengan Inovasi CCTV Lorong, Kadiskominfosantik Palu Kunjungi Diskominfo Makassar

“Disadari bahwa bangsa kita dihadapkan pada sejumlah persoalan pelik dalam beberapa tahun belakangan, sehingga kehadiran lembaga ini senantiasa setia menjaga demokrasi dan merawat keberagaman tanpa diskriminasi, serta memberi solusi praktis,” tambahnya.

Sejak berdiri, sejumlah agenda penting yang sudah dilaksanakan Brorivai Center antara lain, peluncuran buku ‘Menjelajahi Sulsel Tanpa Batas’, penelitian dan penulisan artikel ilmiah, dialog pembangunan, BRC table talk series dan wisata demokrasi.

Sementara aktivitas tanggap sosial mencakup respon HAM di sejumlah tempat, bantuan bencana Palu Sulteng dan Banjir Gowa Sulsel serta aktivitas BRC Environment Care – peduli lingkungan mengatasi sampah plastik.

Brorivai Center Foundation yang berkantor pusat di Makassar, kini terus mengembangkan sayap dalam pengabdiannya, dan akan menjadi lembaga strategis bidang riset dan gerakan sosial terkemuka yang berbasis di Indonesia Timur. (Jen)

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment