Begal Sadis ‘Potong Tangan’ Divonis 18 Tahun Penjara

Ket.Foto: pelaku begal sasis yang memotong tangan korbannya divonis 18 tahun penjara/Ist

Smartcitymakassar.com – Makassar. Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Makassar menjatuhkan vonis 18 tahun penjara terhadap Aco dan Firman. Keduanya merupakan pelaku begal potong tangan terhadap Imran (19) mahasiswa Akademik Teknik Industri Makassar (ATIM), beberapa waktu lalu.

Ketua Majelis Hakim Bambang Nurcahyono dalam amar putusannya mengatakan, kedua terdakwa terbukti melanggar dakwaan Jaksa Penuntut Umum dengan sengaja melakukan pencurian dengan kekerasan yang membuat korban cacat seumur hidup.

BACA JUGA  Pemkot Makassar Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-116

“Terdakwa Aco dan Firman telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang mengakibatkan luka berat yang dilakukan secara bersama-sama,” kata Bambang saat sidang putusan di PN Makassar, Selasa (2/4/2019).

Kedua terdakwa dijerat pasal 365 ayat 4 KUHP. Hukuman 18 tahun penjara ini membuat dikurangi dengan masa tahanan yang telah dijalani saat proses persidangan.

BACA JUGA  Ini Modal Danny Pomanto Siap Menangkan Pilgub Sulsel Bersama PKS

Selain itu, kedua pelaku juga diminta mengembalikan barang bukti hasil curian berupa ponsel dan sebilah parang yang dipakainya untuk menebas. Sementara sepeda motornya disita negara.

Meski begitu, Bambang tetap memerintahkan kepada terdakwa untuk melakukan upaya banding bila tidak menerima hasil putusan dari majelis hakim.

“Jadi terhadap saudara memiliki waktu sesuai dengan undang-undang sejak putusan ini dibacakan tujuh hari untuk mengambil sikap apakah menerima atau ingin mengajukan banding,” tandas Bambang. (AR/YUS)

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment