by

Pilpres Sisa Sebulan, SMRC: Jokowi 57,5 Persen dan Prabowo 31,8 Persen

Ket. Foto: Ilustrasi Jokowi dan Prabowo/Ist

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Pilpres yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 tinggal sebulan lagi, namun tingkat elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden (paslon) 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) masih mengungguli paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi).

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan di Jakarta, Minggu (17/3/2019), menyatakan berdasarkan hasil survei, pasangan Jokowi-Maruf dipilih 57,5 persen responden, sedangkan Prabowo-Sandi 31,8 persen. Sebanyak 10,6 persen responden menyatakan tidak tahu atau merahasiakan pilihannya.

Adapun survei ini dilaksanakan pada 24 Februari-5 Maret 2019 di 34 provinsi. Jumlah responsen 2.820, tetapi yang mau menjawab hanya 2.479 orang atau 88 persen. Survei menggunakan sampel yang diambil secara simple random sampling dengan margin of error plus minus dua persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga:  Komisioner KPUD Sulsel Temui Gubernur Nurdin Abdullah, Ini yang Dibahas

“Intinya secara metodologis, datanya representatif dan bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Djayadi Hanan.

Namun, Djayadi mengingatkan hasil akhir pilpres belum tentu sama persis seperti survei SMRC.

“Survei itu mengatakan apabila pilpres diadakan hari ini. Apakah pasti seperti ini (hasil SMRC, Red) sebulan ke depan, enggak tahu. Ada banyak faktor yang memengaruhi,” kata Djayadi Hanan.

Pada kesempatan itu, Djayadi Hanan juga mengungkapkan bahwa 13 persen pemilih Jokow-Ma’ruf maupun Prabowo-Sandi yang masih bisa mengubah pilihan.

“Ada 13 persen dari pemilh Pak Prabowo masih mungkin ubah pilihan, di kubu Pak Jokowi juga 13 persen,” ujar Djayadi Hanan. (Aan/IP)

‘PostBanner’/

Comment