by

Soal Dugaan Korupsi Kota Baru Pattalassang Gowa, IYL Diperiksa Polisi

Ket. Foto: Ichsan Yasin Limpo/Ist

Smartcitymakassar.com – Sungguminasa. Terkait adanya dugaan korupsi Kota Baru Pattalassang Kabupaten Gowa, mantan Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo (IYL) dikabarkan diperiksa oleh penyidik Polres Gowa, Jumat (15/3/2019)

“Saya diperiksa sebagai saksi. Kemarin saya juga dipanggil, tapi karena saya ke Singapura jadi tidak bisa hadir,” ujar IYL.

Menurutnya, terkait pembangunan kota Idaman seluruhnya dilakukan oleh pihak swasta sehingga tidak mungkin ada korupsi dalam proses pembangunannya.

Pemkab Gowa, imbuhnya, sama sekali tidak pernah memasukkan anggaran. Sehingga dipastikan tidak ada kerugian negara.

Walau demikian, IYL mengakui mengeluarkan izin prinsip dan izin lokasi berdasar telaah BPN dalam kapasitasnya sebagai pejabat bupati saat itu.

“Jadi jangan terbentuk opini bahwa seakan-akan ada korupsi dari pemda. apalagi menjual-jual tanah BUMN. Mana ada korupsi memperkaya orang lain? siapa?,” tukasnya.

Menurut IYL, sesuai peruntukan, Kecamatan Pattalassang memang bukan lagi sebagai daerah perkebunan dan daerah pertanian sehingga tata ruangnya sudah berubah. Karena itu, pencadangan lahan untuk PTPN, didorong ke Belabori Kecamatan Pattalassang.

Baca Juga:  Bupati Amran Mahmud Kunjungi Gubernur Sulsel Terkait Hari Jadi Wajo ke-620

Dia pun memastikan, jika status hukum atas tanah yang dimiliki PTPN XIV di Kabupaten Takalar dan Gowa berbeda. Di Takalar, PTPN memiliki Hak Guna Usaha (HGU). Sementara di Gowa, PTPN hanya memiliki surat ukur. Dimana surat ukur bukan legalitas kepemilikan tanah. Apalagi PTPN tidak melakukan penguasaan atas tanah.

“Tapi karena dia (PTPN) adalah BUMN yang juga negara makanya saya memediasi. Jangan sampai PTPN dirugikan. Mediasinya sampe ke Mapolda. Dipimpin Kapolda. Kita semua tandatangan termasuk Staf Ahli BUMN,” jelasnya.

Sebelumnya penyidik telah memeriksa dua pejabat Pemerintah Kabupaten Gowa (Pemkab) Gowa, yakni Sekkab Gowa, Muchlis, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Andi Sura Suaib selaku mantan Camat Pattalassang.

Pada kasus ini yang tengah memasuki tahap penyidikan ini, polisi menyebut ada indikasi tindak pidana korupsi dan tindak pidana umum. (IB/IP)

‘PostBanner’/

Comment