by

Kuota 3000, Kemnakertrans dan Disnaker Makassar Buka Magang ke Jepang

Ket. Foto: Pelamar kerja/Ist

Smartcitymakassar.com – Makassar. Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar membuka seleksi program magang tahun 2019 untuk tamatan SMA/SMK di Kota Makassar. Adapun Rekrutmen ini dilakukan Disnaker Makassar bekerja sama Kementerian Ketenagakerjaan. Sedangkan Ujian seleksi dijadwalkan berlangsung Juli 2019.

“Syaratnya umur maksimal 26 tahun, bisa orang dari luar Makassar tetapi kita fokuskan sosialisasinya dulu di Kota Makassar,” kata Kepala Disnaker, Mario Said, Rabu (13/3/2019).

“Kuota yang diberikan dari kementerian sekitar 3.000. Nah ini yang kita coba koordinasikan dan langkah awal yang juga akan kita lakukan nanti adalah database karena database ini sangat penting,” sambung Mario.

Mario menjelaskan, peserta yang nantinya terpilih akan diseleksi melalui tiga tahapan. Mulai dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi akademik, serta seleksi kemampuan bahasa asing.

Baca Juga:  Rampas HP di Jalan H. Bau Makassar, Dua Pelaku Curas Ini ‘Bonyok’ Dihajar Massa

“Berapa pun yang mendaftar itu akan diseleksi. Jadi berapa pun lulus sesuai dengan tahapan seleksi itu yang akan kita akomodir,” tegas Mario.

Sebagai informasi, sebelumnya Disnaker Kota Makassar juga melakukan sosialisasi ke SMA/SMK yang ada di Kota Makassar dengan melibatkan pihak kecamatan. Rencananya, para peserta yang lulus akan dikirim ke Jepang untuk magang kerja. Ini memberi kesempatan kerja serta meningkatkan kualitas bagi lulusan SMA/SMK untuk bisa bersaing di dunia kerja khususnya di luar negeri. 

“Mereka diberikan kesempatan untuk magang di Jepang selama tiga tahun, tetapi bisa diperpanjang sampai lima tahun. Setelah itu kalau memang masih diberikan izin tinggal oleh pihak imigrasi kita akan perpanjang kembali,” pungkas Mario. (Aan/IP)

‘PostBanner’/

Comment