by

Dikunjungi Ketua Wantimpres, Wagub Sulsel: Buah Komitmen dan Atensi Presiden Jokowi untuk Sulsel

Ket. Foto: Wagub Andi Sudirman Sulaiman berfoto bersama Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Sri Adiningsih (RIL/MT)

Smartcitymakassar.com -Makassar. Bertempat di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (14/3), Ketua Dewan Pertimbangan Persiden (Wantimpres), Sri Adiningsih bertemu dengan Wagub Sulsel Andi Sudriman Sulaiman dalam rangka memaparkan materi terkait sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi Indonesia di era digital. Hadir dalam pertemuan ini antara lain para Kepala Dinas dan OPD mendampingi Wagub.

Menghadapi era ekonomi digital saat ini, salah satu kunci yang menjadi faktor pendukungnya adalah SDM. Industri 4.0 ini bertumpu pada perkembangan teknologi dan mengharuskan Indonesia untuk mempersiapkan terbangunnya SDM yang handal tanpa terkecuali do sektor kepemerintahan.

Sri, sapaan akrab Ketua Wantimpres tersebut selanjutnya menyebutkan bahwa saat ini Indonesia tengah mengalami transformasi digital, termasuk informasi digital yang telah menjadi bagian hidup dan tengah berkembang di masyarakat.

“Puluhan juta orang berpartisipasi dan terlibat di ekonomi digital ini terlebih pada tahun ini (2019). Oleh sebab itu, prioritas saat ini adalah pengembangan SDM termasuk juga di kawasan Indonesia Timur,” katanya.

Sri lalu berkata bahwa di Makassar nampaknya transformasi digital sudah mulai dikembangkan bersama-sama dengan pengembangan start-up, ekonomi yang berbasis digital dan online serta turunananya, serta co-working space.

“Khusus di Sulsel, agar memanfaatkan ekonomi digital yang kemudian menjadi faktor yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar atau 3T,” imbuhnya.

Baca Juga:  Menkominfo: Pembatasan Akses Medsos Resmi Dihentikan

Sementara itu, Wagub Andi Sudirman meyambut hangat kedatangan Sri Adiningsih dan rombongannya.

“Ini merupakan wujud perhatian Bapak Presiden Jokowi untuk pembangunan di Sulsel dan juga bentuk komitmen untuk pembangunan hingga ke pelosok tanpa terkecuali pemberian program Dana Desa sebagai alat program transformasi digital,” jelas Andi Sudirman.

“Atas nama pemerintah provinsi Sulsel, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat atas perhatian besarnya terkait pembangunan yang telah diberikan untuk Sulsel,” ujarnya.

Alumni Fakultas Teknik Univeristas Hasanuddin ini lalu menyampaikan bahwa era digital atau era industri 4.0 saat ini tidak dapat dihindari.

“Era 4.0 ini telah menjadi tuntutan kaum milenial dan itu yang akan Pemprov Sulsel kembangakan ke depan,” lanjutnya.

Harapan kepada Ketua Dewan Pertimbangan Presiden untuk selalu memperhatikan Sulsel ke depannya. Dia menekankan Pemprov Sulsel selalu siap menerima arahan dan bersinergi.

Pengoperasian digitalisasi di Sulsel sendiri saat ini, jelasnya sudah mulai berkembang seperti di Palopo dan Parepare serta berapa daerah lainnya.

“Di Makassar sendiri sudah ada Go-jek, Bukalapak, Grab, dan banyak sekali sekarang dan sudah merambah,” paparnya.

Sedangkan Dana Desa dinilainya akan berdampak positif terhadap pembangunan infrastruktur sehingga membuka akses hingga ke pelosok desa, sehingga akan menunjang perekonomian digital masyarakat desa. (MT)

‘PostBanner’/

Comment