by

Respons Hoaks Editan Berita di Metro TV, TKN Jokowi-Ma’ruf Ancam Polisikan

Ket. Foto: Hoaks editan berita seolah-olah ditayangkanh Metro TV/Ist

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Terkait berita “TKN Akan Polisikan 223 Orang TKD Karena Tilep Uang Transport Kampanye” adalah hoaks. Setelah ditelusuri, Direktorat Advokasi dan Hukum TKN Jokowi-Maruf menyatakan, cuitan akun twitter @akihitokanbara_ yang pertama kali menyebarkan isu ini.

Ditambah dengan framing “Pantesan Kampanye Jokowi Selalu Sepi!! Uangtransport massa ditilep tim suksesnya sendiri! Ngakak sumpah.

#BandungPilih_Prabowo_Sandi” adalah hoaks. Karena hasil pengecekan langsung ke Metro TV tidak ada penayangan berita dengan judul tersebut.

Berdasarkan waktu penayangan dalam berita hoaks tersebut, yakni pukul 11.12 WIB, Metro TV sedang menayangkan berita “Tol Surabaya-Ngawi Sudah Bisa Dilalui Kendaraan”. Sehingga bisa dipastikan, akun @akihitokanbara_ telah mengedit foto dan video MetroTV untuk menciptakan berita hoaks.

Baca Juga:  Sebentar Malam Kubu Prabowo Akan ke MK, Berikut Gambaran Syarat Gugatan dari MK

Selain itu, foto yang di-capture oleh akun twitter tersebut merupakan hasil jepretan wartawan Tribunnews.com Chaerul Umam. Foto tersebut tayang di Tribunnews.com untuk melengkapi berita berjudul “Komitmen Penuh Jadi Ketua TKN, Erick Thofir Mundur dari Presiden Intermilan. Tayang pada Sabtu, (27/10/2018)

TKN Jokowi-Amin menyesalkan masih adanya pihak-pihak yang menebarkan informasi menyesatkan seperti ini. TKN tidak akan mentolerir pihak-pihak yang menyebarkan hoaks untuk mendelegitimasi pasangan Jokowi-Amin, termasuk memperkarakan para pelakunya. (Aan/IP)

‘PostBanner’/

Comment