by

Kemenlu RI Pilih Kota Makassar Jadi yang Pertama Gelar ‘Diplomacy Festival’

(Keterangan: Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memulai rangkaian Diplomacy Festival (Diplofest) 2019, dimana Kota Makassar dipilih menjadi tuan rumah pertama gelaran yang memberikan pelatihan seputar diplomasi / foto: Ist.)

Smartcitymakassar.com, Makassar. Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu) memulai rangkaian Diplomacy Festival (Diplofest) 2019, dimana Kota Makassar dipilih menjadi tuan rumah pertama gelaran yang memberikan pelatihan seputar diplomasi tersebut. Rencananya, akan digelar pada tanggal 22-23 Februari mendatang.

“Mereka memilih Makassar karena Makassar telah memiliki perjanjian kerjasama dengan 17 negara. Rupanya diliat dari situ. Makassar adalah kota yang sangat antusias dalam menjalin hubungan dengan luar negeri,” ucap Danny Pomanto, Wali Kota Makassar, usai menerima kunjungan resmi pihak dari Kemenlu, Senin (11/2/19).

Untuk kegiatan tersebut, Danny berkomitmen akan menyukseskan kegiatan positif tersebut.

“Jadi nanti saya tawarkan ibu Menlu untuk bersilaturrahim dengan tokoh-tokoh Makassar. Kita akan ajak dinner dan sediakan audiensi untuk saling bertukar pikiran dan menambah wawasan kita soal hubungan luar negeri,” jelasnya.

Baca Juga:  Soal Lahan Prabowo di Aceh, Mantan Panglima GAM: Sahamnya Mau Dijual ke Asing

Rangkaian DiploFest nantinya akan memberikan pelatihan soft skill mengenai diplomasi, antara lain simulasi sidang di PBB dan mengenal hal-hal keprotokoleran dalam event diplomatik. Para pengunjung dapat berbincang dengan para diplomat RI mengenai bagaimana kehidupan menjadi duta bangsa di negara lain.

DiploFest yang terselenggara atas kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia merupakan kegiatan yang digagas Kemenlu untuk mendiseminasikan informasi mengenai diplomasi Indonesia kepada masyarakat luas, khususnya kepada generasi milenial. DiploFest juga merupakan pengejawantahan visi nawacita Presiden Joko Widodo untuk Diplomasi Membumi.** (IB).

‘PostBanner’/

Comment