by

Gaji Dokter Lebih Kecil dari Tukang Parkir, IDI: Banyak Dokter Gajinya di Bawah 3 Juta

Ket. Foto: Pidato kebangsaan Prabowo/Ist

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Demi meningkatkan layanan kesehatan dan kualitas pendidikan, Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto berjanji akan memperbaiki gaji guru, terutama gaji guru honorer. Ia juga memastikan mencegah dokter tidak mengalami defisit untuk mendapatkan penghasilan yang layak. Hal ini dikatakan Prabowo saat berpidato ‘Indonesia Menang’ di JCC Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2019) malam.

“Sekarang banyak dokter kita gajinya lebih kecil dari tukang jaga parkir mobil,” kata Prabowo.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr Daeng M. Faqih mengatakan saat ini masih banyak dokter umum di berbagai daerah yang berpenghasilan di bawah Rp3 juta. Dia mengambil contoh dokter golongan 3A yang mengantongi gaji pokok Rp2,4 juta per bulan. Ditambah penghasilan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sekitar Rp500 ribu. Sehingga penghasilan total sekitar Rp2,9 juta. 

“Memang masih banyak dokter, terutama dokter umum yang berada di garda depan, penghasilannya di bawah Rp3 juta,” kata Daeng Faqih, Selasa (15/1/2019).

Baca Juga:  Quick Count Indo Barometer: Jokowi Unggul 7%, Hanya Menang di 15 Provinsi, Inilah Selengkapnya

Daeng Faqih mengatakan jika tidak ada insentif dari Pemerintah Daerah, maka penghasilan dokter kurang dari Rp3 juta. Apalagi saat ini penghasilan dokter dari praktik sore sudah tidak ada karena masyarakat memilih program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Lebih lanjut Daeng Faqih menyebutkan jumlah dokter di seluruh Indonesia sekitar 167 ribu, 130 ribu di antaranya adalah dokter umum. Menurutnya, mereka adalah dokter yang berada di garis terdepan dalam melayani kesehatan masyarakat.

Namun, Daeng Faqih tak bisa membandingkan gaji dokter dengan penghasilan tukang parkir, sebagaimana disebutkan Prabowo.

“Secara pribadi saya tidak tahu penghasilan tukang parkir, yang saya tahu penghasilan dokter dari laporan beberapa kawan di berbagai daerah,” ujarnya. (Aan/IP)

‘PostBanner’/

Comment