by

Soal Rencana Demo Aparat Desa, Jokowi: Enggak Usah Demo, Ini Musim Hujan

Ket. Foto: Jokowi di hadapan aparat perangkat desa/Ist

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Keinginan ribuan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPID) yang hendak menggelar demo di depan Istana Merdeka dengan tuntutan agar penghasilan mereka setara golongan IIA, ternyata didengar oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Alhasil, Presiden pun akhirnya meminta bertemu dengan mereka di Istora Senayan, Jakarta.

Saat memberikan sambutan, Jokowi sempat menyinggung soal rencana demo para perangkat desa tersebut.

“Mengenai Bapak, Ibu. Kemarin saya dengar dan diberitahu, kan sudah selesai dibicarakan Menkeu, Mendagri, Menpan. Sudah rampung, kok Senin masih mau demo?” tanya Jokowi, di Istora Senayan Jakarta, Senin (14/1/2019) pagi.

‘bukan demo, silaturahmi!’, teriak aparat Desa.

“Sebentar, itu yang saya dengar sehingga saya sampaikan, enggak usah demo depan Istana, ini musim hujan. Saya sampaikan, sudah kita terima saya terima sendiri tapi di Istora,” lanjut Jokowi yang disambut gemuruh tepuk tangan puluhan ribu aparat Desa yang menghadiri acara ini.

Baca Juga:  Belasan Lembaga Survei Besok Mau Buka Data, Cyber Network: Saya Tantang Kubu Prabowo Buka Datanya Juga

Presiden lalu menegaskan telah memutuskan menyetarakan gaji perangkat desa dengan PNS golongan IIA. Tak hanya itu, para perangkat desa akan mendapatkan BPJS sebagai bagian dari tunjangan kesehatan bagi mereka.

“Tetapi terpenting sudah kita putuskan bahwa penghasilan tetap perangkat desa segera disetarakan dengan golongan IIA. Saya dapat informasi bahwa BPJS akan diberikan seluruh kepala desa dan perangkat desa,” ucap Jokowi.

Untuk penyetaraan penghasilan, Jokowi minta para perangkat desa menunggu revisi PP Nomor 43 dan 47 Tentang Perangkat Desa dan Keuangan Desa.

Jokowi menjanjikan dua minggu sudah selesai revisinya.

“Yang kedua, PPnya nomor 43 dan 47 akan segera direvisi. Saya sudah perintah paling lama dua pekan setelah ini,” tutur Presiden. (Aan/IP)

‘PostBanner’/

Comment