by

Posko Kemanusiaan Kodim 1415/Selayar untuk Korban Gempa di Sulteng Siap Diberangkatkan

(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. –Makassar- Posko penggalangan dana dan bantuan kemanusiaan untuk korban musibah gempa bumi serta badai tsunami Kota Donggala dan Palu yang dibuka secara resmi oleh Kodim 1415/Selayar terus bergerak menggalang bantuan dan kepedulian sosial masyarakat.


Puluhan ton bantuan makanan, pakaian bekas layak pakai, uang, dan jenis bantuan lain telah berhasil dikumpulkan di Posko Pengngalangan Dana dan bantuan Kemanusiaan Kodim 1415/Selayar, di ruas Jalan Kelapa, Kota Benteng, Kabupaten Selayar.

Posko yang terbentuk pada hari Minggu (30/09/2018) ini dibuka selama dua kali dua puluh empat jam.

Penggalangan dana kemanusiaan dikoordinir langsung Dandim 1415/Selayar, Letkol Arm Yuwono, dibantu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kepulauan Selayar, Novi Tri Kusumaningrum Yuwono.

Dandim 1415/Selayar, Letkol Arm Yuwono, mengatakan, “sejak dibuka pada hari Minggu (30/09) pagi, bantuan terus mengalir dari berbagai elemen, baik dari kalangan pengurus organisasi kepemudaan, komunitas, pribadi, organisasi keagamaan, dan instansi pemerintah yang secara sukarela datang mengantarkan bantuannya ke posko Penggalangan Dana Kemanusiaan Kodim 1415/Selayar”.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah menjadi salah satu dari sekian banyak organisasi perangkat daerah yang ikut serta menyalurkan bantuannya melalui ini.

Dandim Letkol Arm Yuwono menambahkan bahwa bantuan kemanusiaan juga datang dari sejumlah pengusaha pedagang barang campuran dan warung kelontong yang ada di wilayah kota Benteng dan sekitarnya.

Rasa empati dan kepekaan sosial turut ditunjukkan Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali, yang ikut serta menyalurkan bantuan sembako, pakaian, dan perlengkapan kebutuhan lain bagi korban musibah gempa bumi, dan tsunami di Kota Donggala. Paket bantuan sembako dan uang turut disetorkan Bupati Muh. Basli Ali melalui posko ini.

Selain berhasil mengumpulkan pakaian bekas layak pakai, dan puluhan ton bahan makanan, air minum, posko Kodim 1415/Selayar ikut menampung bantuan berupa popok bayi, susu bayi, perlengkapan tidur jenis selimut dan lain-lain.

Setelah terkumpul di posko, seluruh bentuk bantuan logistik telah diangkut dengan menggunakan armada mobil truk jenis Colt Diesel 1.000.000 Edition, Mitsubishi Fuso, Super Hox 6.6, Canter, bernomor polisi DD. 2223 XY dikemudikan Mustari.

“Dari Makodim 1415/Selayar, mobil pengangkut logistik bantuan kemanusiaan selanjutnya akan diberangkatkan menuju gudang Posko Bantuan Kemanusiaan Kodam XIV/Hasanuddin Makassar, untuk kemudian diberangkatkan via pesawat Hercules ataupun Kapal TNI AL menuju lokasi pengungsiang korban musibah gempa bumi dan tsunami di kota Donggala dan Palu,” urai Dandim Letkol Arm Yuwono di hadapan awak media, Senin (01/10/2018) malam.** (Fadly Syarif/Iskandar Burhan)

Comment