by

BNPB: Besok, Presiden Akan Tinjau Penanganan Gempa dan Tsunami di Palu

foto: istimewa  


smartcitymakassar.com – Jakarta – Presiden Jokowi dijadwalkan akan berangkat ke Palu, Sulawesi Tengah, besok, Minggu (30/9/2018). Hal ini disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menyatakan Presiden Jokowi bakal meninjau langsung proses penanganan pasca gempa dan tsunami di Palu.

“Presiden Jokowi akan terbang ke Palu, Minggu (30/9/2018) untuk meninjau langsung penanganan pasca gempa dan tsunami,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018).

Selain soal kedatangan Jokowi, Sutopo juga mengatakan pihak TNI telah mengevakuasi sejumlah korban gempa Palu ke Makassar. Para korban gempa yang dievakuasi dengan pesawat TNI itu adalah para penumpang yang ada di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu.

“Korban gempa Palu, Sulawesi Tengah berdatangan ke Makassar setelah dievakuasi. Mereka adalah para penumpang yang ada di Bandara Mutiara Sis Al Jufri yang dievakuasi ke Makassar dengan menggunakan pesawat milik TNI dan tiba di Lanud Hasanuddin, Makassar, sore ini sekitar pukul 16.00 WITA,” ucapnya.

Sutopo menyatakan saat ini perbaikan infrastruktur dan layanan komunikasi yang rusak akibat gempa dan tsunami terus dilakukan. Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri juga telah menerjunkan 16 personel dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri ke Palu.

Gempa dan tsunami yang mengguncang Palu menyebabkan 384 orang tewas, 540 orang luka dan 29 orang dinyatakan hilang. Jumlah tersebut merupakan data sementara hingga pukul 13.00 WIB dan hanya berasal dari Kota Palu. (Iskandar Burhan)
‘PostBanner’

Comment