by

Bupati Minta IWO Sinjai Sebagai Pelopor Anti Hoax


(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. –Sinjai- Setidaknya, 31 Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, dilantik oleh Pengurus Pusat IWO di Gedung Pertemuan Sinjai, Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (20/09/2018).


Pelantikan pengurus periode 2018 – 2023 ini mengusung tema “Membangun Sinergitas Mewujudkan Organisasi Pers yang Profesional dan Berintegritas”.

Pada prosesi pelantikan Pengurus IWO Kabupaten Sinjai, Ketua Umum Jodhi Yudono membacakan Ikrar IWO, setelah Surat Keputusan (SK) kepengurusan disampaikan oleh Sekretaris I Pusat IWO Edward Panggabean. Selanjutnya, Petaka IWO diserahkan oleh Ketua IWO Propinsi Sulsel, Zulkifli Thahir.

Pejabat Bupati Sinjai, Jufri Rahman, pada sambutannya, berharap IWO menjadi organisasi wartawan yang modern, terbuka dan mengedukasi baik anggotanya maupun terhadap masyarakat atau pembaca.

“Saya yakin IWO dapat mempelopori terbangunnya komunitas anti hoax dan senantiasa berupaya membangun suasana adem dan menyejukkan dengan tetap kritis terhadap penyimpangan yang terjadi,” ujar Jufri Rahman dalam sambutannya.

Jufri menilai, peran IWO sangat strategis dalam melakukakan sosialisasi dan diseminasi kebijakan pemerintah. Di saat yang sama IWO harus mampu menyuarakan aspirasi dan kepentingan masyarakat.

“Yang jelas IWO sebagai organisasi profesi harus menjamin dan mengedukasi anggotanya untuk profesional,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Umum IWO, Jodhi Yudono, mengucapkan selamat kepada para pengurus yang telah dilantik. Dia mengatakan, wartawan adalah pekerjaan yang mulia, karena wartawan seperti Nabi yang menyampaikan pesan.

“Menjadi wartawan ada pilihan yang mulia. Sebagai wartawan, kualitas kita ditentukan oleh tulisan kita, tetaplah kalian menjadi pengawas dan menjadikan Kabupaten Sinjai lebih baik lagi,” jelas editor kompas.com ini.

Senada dengan Jodhi, Ketua PW IWO Sulsel, Zulkifli Thahir berharap IWO memberikan kontribusi positif untuk pembangunan daerah khusus di Sinjai.

“Tidak apa-apa kritik tapi membangun,” katanya di hadapan Bupati dan unsur Forkompimda dan kepala desa.

Usai dilantik, H. Muh. Syahidin, Ketua PD IWO Sinjai mengatakan, IWO tidak akan terbentuk jika bukan karena kerjasama pimpinan pusat dan wilayah.

Kehadiran organisasi ini, kata Dhidink sapaannya, bukan hanya sekedar wadah, tapi ini merupakan tempat berhimpun untuk berbuat demi memajukan bangsa dan negara, khususnya di Bumi Panrita Kitta.

“Khususnya di tempat kita berpijak ini, yaitu di Kabupaten Sinjai,” kata Dhidink.

Selain dihadiri oleh Pj. Bupati Sinjai Jufri Rahman, dan Dewan Kehormatan IWO Tayeb Mappasere, acara ini juga dihadiri oleh Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf. Oo Sahrojat. S.Ag.,M.Tr, Kapolres Sinjai AKBP Ardiansyah, Ketua DPRD Sinjai Abdul Haris Umar, dan ormas kepemudaan di Sinjai diantaranya Ansor, Ketua KNPI Sinjai Satria Ramli, dan Ketua KPU Sinjai Arsal Arifin.** (rilis IWO/Iskandar Burhan)

Comment