by

Wagub Andi Sudirman Hadiri Acara Pelepasan Kapal Kemanusiaan untuk Lombok

foto: Fatahillah Mansur 

smartcitymakassar.com, Makassar – Wakil gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri acara Pelepasan Kapal Kemanusiaan Untuk Lombok # Sulawesi Selatan Bersama Lombok di Pelindo IV jalan Nusantara, Makassar. Selasa, (18/9/2018).
Awal Purnama selaku Direktur Aksi Cepat Tanggap (ACT) melaporkan, bahwa sudah terjadi 2.000 kali gempa di Lombok. Sekitar 95 persen bangunan retak, termasuk hotel. 
“Apa yang menimpa saudara-saudara kita di Lombok mengundang empati banyak pihak. Kita berharap, masalah di sekitar kita menjadi tanggung jawab bersama. Apalagi, masyarakat Lombok dengan masyarakat Sulsel bersaudara, sangat dekat,” ujarnya. 
Lebih lanjut kata Awal, telah melakukan tahapan-tahapan penanganan. Mulai dari tahapan emergency, yakni evakuasi korban, membangun dapur umum, memberikan bantuan kesehatan, dan lain-lain. Kemudian, tahap recovery terkait menyediakan hunian sementara. Membangun rumah ibadah, hingga sekolah darurat, dan MCK. 
“Sumber dana dari dana wakaf yang dihibahkan. Kami juga bangun kemitraan dengan pemerintah. Ada juga bantuan dari beberapa negara Eropa, Malaysia, Singapura, semua telah berkomitmen membangun Lombok. Kami harap gerakan ini menjadi gerakan bersama,” imbuhnya. 
Sementara itu Wagub Sulsel mengatakan, bahwa dirinya begitu diberi tahu untuk kepedulian kemanusiaan peduli Lombok, “Saya langsung mengiyakan, tinggal cari waktu saja,” ujar wagub yang disambut tepuk tangan meriah dari para tamu.
Wagub juga menambahkan tidak ada yang susah kalau itu adalah peduli kemanusiaan. Karena, pada intinya dirinya datang melayani untuk kesejahteraan dan bagi sesama, Pemerintah hadir untuk kesejahteraan masyarakat.
“Saya kaget ketika melihat kemarin, anggaran Bidang Kesejahteraan Rakyat (Bid. Kesra) yang paling kecil. Padahal tujuan utama kita adalah kesejahteraan masyarakat,” tandas wagub.
Sekedar diketahui juga dalam acara ini turut hadir Slamet Raharjo selaku Direktur Meratus, Yon Irawan selaku Direktur Keuangan Pelindo IV, serta ustad Das’ad Latief. (Fatahillah Mansur)
‘PostBanner’

Comment