by

Plt Camat Mariso: Segalanya untuk Kepentingan Warga

foto: istimewa  


smartcitymakassar.com – Makassar – Sesungguhnya, seluruh waktu bagi seorang pemimpin diperuntukkan untuk warganya. Sebagai ‘pelayan’ warga, dia harus siap 24 jam bekerja dan menyerahkan segenap perhatiaan bagi warga yang dilayaninya. 

Setidaknya, inilah yang ditunjukkan Plt Camat Mariso, Juliaman S.Sos. Sejak diamanahkan menjabat sebagai Lurah Mariccaya, Kecamatan Makassar tahun 2011 lalu, Juliaman mengaktifkan telepon selulernya 24 jam. Segalanya untuk kepentingan warga. Bagi Juliaman, menjadikan jabatan sebagai amanah dan tanggungjawab untuk memberi pelayanan terbaik pada warganya adalah hakekat sebuah jabatan.

Karir pria kelahiran Watangsoppeng, Kabupaten Soppeng, Sulsel ini dalam birokrasi pemerintahan memang dimulai dari bawah. Setelah menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Pendidikan Politik dan Pemerintahan Unhas tahun 1996, dia langsung mendaftar CPNS. Lulus dan terangkat sebagai PNS di tahun 1997, Juliaman ditempatkan di Polmas (sekarang Polewali Mandar, Sulbar –red).

Di tahun 2000,  Juliaman kemudian pindah tugas ke Kota Makassar dan di tempatkan sebagai Staf di Dinas Perumahan Kota Makassar. Pada tahun 2002, Juliaman kemudian mendapat amanah sebagai Sekretaris Kelurahan Tidung Kecamatan Rappocini. Tahun 2006, amanah jabatan sebagai Lurah Lalatang Kecamatan Tallo kemudian diembannya.

Dengan sederet jabatan yang pernah diemban, tidak menherankan bila Juliaman telah paham betul tentang lika-liku birokrasi pelayanan. Kerja pengabdian ini membawanya dalam sederet prestasi seperti di Tahun 2018 bersama Warga, LPM dan Ketua RT dan RW, Juliaman membawa Kelurahan Lalatang, sebagai Pelaksana Terbaik KB – Kes Untuk Tk.Propinsi Sulawesi Selatan. 

Di tahun 2009 membawa Kelurahan Lalatang sebagai Pelaksana Terbaik II KB Kes Tingkat Nasional dan di tahun 2010, bersama Warga Masyarakat, membawa Kelurahan Lalatang sebagai Best Of The Best Makassar Green And Clean 

Kinerja pelayanan  maksimal yang ditunjukkan, menjadikan Juliaman terus diberi amanah dalam berbagai jabatan kepala Kelurahan, mulai sebagai Lurah Maricaya Kecamatan Makassar, Lurah Masale Kecamatan Panakkukang dan Lurah dengan Penempatan Kelurahan Maccini Kecamatan 

Selama 2 Tahun lebih bertugas di Kelurahan Maccini, kembali kami di beri amanah sebagai Sekretaris Camat Mariso pada di tahun 2016. Dan di bulan Juni 2018, Juliaman diberi amanah sebagai Plt.Camat Mariso.

Bagi Juliaman, memberi pelayanan yang terbaik bagi warga dalam bentuk ketentraman, kenyamanan serta rasa aman adalah prinsip-prinsip penting dalam mengembang amanah sebuah jabatan. Dan di atas segalanya, menjadikan warga ikut dengan aktif dalam partisipasi pembangunan lingkungan mereka adalah parameter dalam mengukur keberhasilan seorang pemimpin. (Iskandar Burhan)

Bio Data:  
Nama : Juliaman, S.Sos
Jabatan : Plt.Camat Mariso
Tempat/Tgl Lahir : Wt.Soppeng 21 Juli 1972
Alamat : Jl.Melati No.19
Agama : Islam
Nama Istri : Asmawaty 
Nama Anak : Rifat Ramadhan, Rifqa Maharani


Comment