by

Pj Sekda Makassar Tekankan Pentingnya Integrasi Perencanaan dan Penganggaran Bagi Kinerja SKPD


(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. –Makassar- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Sosialisasi Integrasi Perencana ( e-Planning) Dan Penganggaran (e-Budgeting); Kota Makassar. Bertempat di Hotel Aston, Senin (03/09/2018).


e-Planning dan e-Budgeting merupakan sebuah sistem informasi berbasis website, yang dikembangkan, untuk memfasilitasi proses perencanaan, pengendalian, dan evaluasi rencana kerja pembangunan daerah.

Dalam sambutannya, Pj Sekrataris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Dr Hj Naisyah Azikin, menjelaskan soal pentingnya penggunaan sistem ini dalam melaksanakan Rencana Anggaran Kerja (RKA) bagi SKPD.

Hal tersebut dianggap penting karena di dalamnya sudah tersusun sasaran peningkatan pelayanan, yakni berupa target capaian kinerja serta bagaimana pengorganisasian program dan kegiatan pelayanan Perangkat Daerah sesuai tupoksinya masing masing.

“Dengan penerapan sistem e-planning dan e-budgeting secara otomatis akan mewujudkan keselarasan dokumen perencanaan, hingga penganggaran di SKPD sehingga target yang ingin dicapai dalam RPMJD mampu diwujudkan sesuai dalam rencana kerja tiap tahun,” ucap Pj Sekda Naisyah. 

Lebih jauh diutarakannya, dengan perencanaan seperti sistem tersebut sangat jelas sasaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan pelayanan, dan target capaian kinerja dalam SKPD sehingga mendorong terciptanya pemerintahan berkualitas bersih.

“Ini akan lebih mengarahkan dan mengorganisasikan program dan kegiatan pelayanan Perangkat Daerah sesuai dengan tupoksinya, sehingga dibutuhkan kerja secara team work secara transparan dan akuntabel di masing-masing SKPD,” terangnya.

Dia berharap dengan ada sisa waktu 4 bulan Tahun ini, setiap SKPD mampu mencapai target hingga 80 persen, tentunya dengan memperhatikan secara teliti pencatatan dan pelaporannya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian pada Bappeda Kota Makassar, Anwar, dalam laporannya menyebutkan, sosialisasi digelar dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi setiap pimpinan SKPD maupun staf penyelenggara.

“Kita hadirkan seluruh SKPD lingkup pemerintah kota dalam sosialisasi ini, supaya mereka paham maksud tujuan sosialisasi yang kita adakan,” jelasnya.** (Iskandar Burhan)

Comment