by

Dekranasda Makassar dan Pare-Pare Kolaborasi Kembangkan Kerajinan Tangan Sulsel

Foto: Humas Dekranasda  

smartcitymakassar.comPare-Pare – Usai mengunjungi Kabupaten Wajo, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar Indira Yusuf Ismail bertandang ke rumah jabatan (Rujab) Walikota Pare-Pare, Jumat (17/2/2017).

Indira yang juga Ketua TP PKK Kota Makassar diterima langsung Ketua ‎Dewan Kreatif Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pare-Pare Erna Rasyid Taufan.

Dalam perbicangan keduanya, Indira dan Erna ingin mengembangkan potensi kerajinan yang ada di daerahnya untuk dikembangkan, utamanya dalam pengembangan kerajunan Enceng Gondok.

“Kita akan mengembangkan kerajinan Enceng Gondok dan juga kerajinan kerang,” ungkap Indira

Selama ini Dekranasda Kota Makassar sudah memanfaatkan Eceng Gondok menjadi barang bernilai ekonomis.

‘FooterBanner’


“Selama ini di Makassar, Eceng Gondok sudah diolah menjadi aneka produk kerajinan seperti keranjang, tempat sampah, bantal kursi, alas piring, tikar sajadah, kotak tempat makanan, sendal, alas meja, dan tas tangan,” ujar Indira

Senada dengan Ketua Dekranasda Kota Parepare Erna Rasyid Taufan yang sudah mengembangkan kerajinan Kerang.

“Kerajinan yang sudah kita olah selama ini dihasilkan para pengerajin Parepare, utamanya kerajinan laut (kerang) yang di olah menjadi Sokkong Bayu (aksesoris untuk menari) dan Sappi,” paparnya.

Untuk itu, Lanjut Erna Kita ingin menjalin kerjasama dengan kota makassar untuk melakukan kegiatan pelatihan dan pembinaan terhadap kelompok-kelompok pengrajin dalam hal peningkatan nilai tambah produk.(Iskandar Burhan)

‘PostBanner’

Comment