by

Waspadai KTP el Palsu, Dukcapil Siap Lakukan Pengecekan

(Foto: Kementerian Dalam Negeri RI, 2017)



Smartcitymakassar.com. –Jakarta- Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan bahwa pihaknya akan siap melakukan pengecekan dan pemeriksaaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektoronik yang dicurigai palsu.

Pada hari Pilkada Serentak tanggal 15 Februari nanti, Dukcapil akan tetap melayani masyarakat dan akan membantu proses pemeriksaan KTP-el.

Zudan mengatakan, cukup dengan mengirimkan foto KTP el yang dicurigai palsu, kemudian mengirimkan foto tersebut ke Whattsapp Dukcapil.

Sebagai tindak lanjutnya, Dukcapil akan segera melakukan pengecekan database dan hasilnya akan dikirim kembali ke petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Bila ada yang curiga terhadap KTP-el yang diindikasikan palsu, caranya difoto KTP el-nya dan kirim ke whatssapp dukcapil setempat. Segera dukcapil cek ke database dan hasilnya dikirim kembali ke petugas di TPS,” ungkap Zudan di Jakarta, Kamis (9/2), seperti dikabarkan di website Kementerian Dalam Negeri RI.

Dia juga menambahkan, pilkada akan lebih berkualitas dan pemalsuan KTP el diberhentikan jika adanya penggunaan card reader.

“KTP-el palsu tidak mungkin terbaca oleh alat itu,” jelas Zudan.* (Iskandar Burhan)

‘PostBanner’

Comment