by

Balai Besar MKG IV Makassar Himbau Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sulsel

(Foto: Twitter BMKG Sulsel @BmkgSulsel, 2017)



Smartcitymakassar.com. –Makassar- BMKG lewat Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar keluarkan press release, Sabtu (04/02/2017), tentang hujan lebat angin kencang di wilayah Sulawesi Selatan via twitter resminya (@BmkgSulsel).

Berikut petikannya.

Bulan Januari dan Februari 2017 merupakan periode puncak musim hujan di Indonesia. Dari dinamika atmosfer saat ini menunjukkan adanya aktifitas monsun Asia dan munculnya beberapa pusat tekanan rendah, yang memicu munculnya daerah pertemuan angin yang dapat menyebabkan adanya pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk Sulawesi Selatan.

Dalam beberapa hari terakhir, terjadi hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat di Kota Makassar, Kab. Gowa, Kab. Maros dan Kab. Takalar. Angin kencang terjadi di beberapa wilayah seperti di Pelabuhan Paotere dan Kecamatan Bajeng, Gowa.

Diperkirakan pada periode 3 – 7 Februari 2017 wilayah Sulawesi Selatan bagian barat meliputi Kab. Pinrang, Kota Pare-Pare, Kab. Barru, Kab. Pangkep, Kab. Maros, Kab. Gowa, Kota Makassar dan Kab. Takalar serta wilayah Sulawesi Selatan bagian selatan meliputi Kab. Jeneponto, Kab. Bantaeng, Kab. Bulukumba, dan Kab. Selayar merupakan wilayah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat dan angin kencang.

Memperhatikan kondisi tersebut, masyarakat dihimbau agar mewaspadai bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, dan angin kencang yang berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Selain itu mayarakat dihimbau agar mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Selatan. Gelombang dengan ketinggian 2.5 – 4.0 meter berpotensi terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan barat Sulawesi Selatan, Perairan Kep. Sabalana, Perairan Kep. Selayar, dan Teluk Bone bagian selatan. Sedangkan gelombang dengan ketinggian 4.0 – 6.0 meter berpotensi terjadi di Laut Flores.

Antisipasi perlu dilakukan dalam menghadapi kondisi hujan deras dan angin kencang, misalnya dengan membersihkan saluran-saluran air agar tidak terdapat genangan, memangkas dahan-dahan pohon yang sudah tua agar tidak terjadi pohon tumbang dan lain sebagainya.

BMKG Sulawesi Selatan memberikan layanan informasi cuaca 24 jam, masyarakat dapat menghubungi melalui:
– call center 0411-455019 / 449286
http://www.bmkg.go.id ; http://balai4.makassar.bmkg.go.id/
– follow twitter @BmkgSulsel, FB @BMKG Sulsel, playstore: info BMKG
atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Makassar, 4 Februari 2017
Prakirawan Cuaca
Balai Besar MKG Wilayah IV Makassar

(Iskandar Burhan)

‘PostBanner’

Comment