by

BRI Mariso Launching Pilotin Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai

Foto: Sahar 

smartcitymakassar.com – BRI Cabang Mariso Jl. Cendrawasih  telah meluncurkan piloting penyaluran bantuan sosial Non Tunai berupa penyerahan kartu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dan buku Tabunganku kepada penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 3 Tahun 2016 untuk Wilayah Kecamatan Mariso. Jumat (2/12/2016)

Pada kesempatan sebelumnya telah di launching di Monumen Korban 40 ribu jiwa dihadiri langsung Walikota Makassar  Moh. Ramadhan Danny Pomanto, Dirjen Linjamsos Kementerian Sosial RI Raden Harry Hikmat,  Plt. Kadis Sosial Makassar  Mukhtar Tahir, Kakanwil BRI dan dihadiri 300 perwakilan Keluarga Penerima Manfaat, Pendamping dan Operator PKH Se- Kota Makassar.

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan dari pemerintah Republik Indonesia yang disalurkan secara Non-Tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Hal ini sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 26 April 2016 tentang Keuangan Inklusif, dimana setiap Bantuan Sosial dan Subsidi agar disalurkan secara Non Tunai dan menggunakan sistem perbankan.

Dengan penyaluran bantuan sosial dan subsidi secara non tunai maka pengawasan, pemantauan akan lebih mudah dan sekaligus memenuhi syarat penyaluran tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah serta memberdayakan layanan inklusi keuangan (dalam hal ini E Waroeng KUBE dan Agen BRILINK).

Pemimpin Cabang BRI Mariso didampingi Korcam PKH Mariso Saharuddin Tadep menyampaikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bahwa “Dalam penyaluran bantuan ini pemerintah pusat bekerjasama dengan himpunan Bank-Bank Milik Negara (HIMBARA) salah satunya adalah Bank BRI.

Penyalurannya menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dimodifikasi menjadi kartu debet combo multi fungsi dengan sistem e wallet dan tabungan Tabunganku terintegrasi.

Nantinya semua bantuan Setelah menerima kartu yang disebut Kartu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) maka penerima bantuan dapat langsung berbelanja atau mencairkannya pada E Waroeng KUBE atau agen BRILINK BRI, atau melakukan penarikan tunai di ATM BRI yang tersebar di kota Makassar. Untuk penerimaan bantuan selanjutnya, pemerintah pusat langsung mengisi ke dalam kartu KKS

Lebih lanjut Sahar sapaan akrab Koordinator PKH Kecamatan Mariso menyampaikan bahwa Untuk Kota Makassar sendiri Bank BRI  diberi amanah menyalurkan bantuan PKH termasuk BRI Cabang Mariso kepada 578 orang penerima di wilayah Kecamatan Mariso dengan sebaran di 9 Kelurahan,

Alhamdulilah, hari ini pelayanannya  berjalan tertib dan lancar berkat kerjasama petugas BRI dan pendamping serta KPM, semoga bisa tuntas pada Sabtu 03 Desember 2016”, ujar Sahar didampingi dua rekannya sesama pendamping Darma dan Hasni.

“Bank BRI sebagai pihak yang diberi amanah oleh pemerintah dengan senang hati dan menyatakan siap dalam melakukan penyaluran dana bantuan PKH di kota Makassar.(Sahar/Iskandar Burhan)

Comment