by

Ketua Umum Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia Puji Program "Lorong Garden" Danny

(Foto: Humas Pemerintah Kota Makassar, 2016)


Smartcitymakassar.com. –Makassar- “Saya begitu takjub berbagai karya-karya Pak Danny utamanya Lorong Garden. Saya berharap bisa bersama para peserta konvensi melakukan study tour ke sana,” kata Ketua Umum Assosiasi Ilmu Hubungan International Indonesia (AIHII), Prof. Tirta Mursitama.

Pujian Prof. Tirta kepada Danny Pomanto, sapaan akrab dari Wali Kota Makassar ini, disampaikan saat acara ‘gala dinner’ peserta Konvensi Nasional Hubungan Internasional ke-7 di Amirullah Hall, kediaman pribadi Danny, Jalan Amirullah, Rabu (23/11/2016).

Lorong Garden (Longgar), salah satu karya Danny Pomanto, adalah program yang menata lorong (gang) kumuh di Makassar menjadi  produktif dan hijau. Inilah yang membuat Prof Tirta Mursitama memberikan pujiannya.

Dikaitkan dengan disiplin ilmu Hubungan Internasional, ‘Longgar’ dianggap penting menurut Prof. Tirta, dalam kerangka mempelajari berbagai hal yang berhubungan kehidupan manusia dan politik. Disamping itu, Danny juga diketahui punya jaringan yang cukup luas dengan daerah-daerah lain di Indonesia dan di dunia internasional. Serta, Wali Kota Makassar ini kerap melibatkan masyarakat internasional dalam berbagai event yang digelar di kota ini.

Sementara itu, Danny Pomanto mengatakan bahwa dirinya dan warga Kota Makassar sangat terbuka menerima setiap tamu yang akan berkunjung.

“Silahkan Prof. (Tirta), kami warga Makassar sangat terbuka dan saya berharap pada kunjungannya nanti ada dari jajaran Pemerintah Kota yang menemani agar bisa kita dapatkan apa yang dibutuhkan,” kata Danny.

‘Longgar’, menurut Danny Pomanto, merupakan salah satu model ‘public engagement’ yang dikembangkan dalam pemerintahannya. ‘Longgar’ dibangun tanpa membebani APBD dan merupakan swadaya masyarakat setempat.* (Iskandar Burhan)

‘PostBanner’

Comment