by

Kiat Kadis Kebersihan dan Pertamanan Mengelola dan Menata TPA Antang

(Foto: Humas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Makassar, 2016)



Smartcitymakassar.com. –Makassar- Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Makassar terus berupaya menjadikan TPA Antang menjadi ramah lingkungan dengan segala kreatifitasnya. Salah satunya dengan inisiatif untuk membangun taman berskala mini di lokasi tersebut.

“Kita ingin mempercantik TPA. Selain penghijauan, juga bangun taman,” jelas Plt. Kepala Dinas (Kadis) DKP, Gani Sirman, Selasa (22/11/2016).

“Sebagai pimpinan yang mewadahi kebersihan dan pertamanan, bukan hanya fokus pada kebersihan. Namun, pertamanan juga akan dipercantik di seluruh titik lingkup Makassar termasuk di area TPA,” lanjutnya.

Taman ini, menurut Gani Sirman memiliki dimensi panjang sekitar 15 meter dan 10 meter lebarnya.

“Inilah bentuk kreatif dan inovatif dari Dinas Kebersihan dalam mengelola dan menata TPA dengan membuat taman di area TPA,” kata Gani Sirman yang pagi berkantor dan menghabiskan sore dari jam 3 hingga jam 8 malam di TPA guna memantau kegiatan di lokasi tersebut. 

Tak hanya itu, lebih lanjut mantan Kadis Koperasi dan UMKM Kota Makassar ini menjelaskan, saat ini ia fokus menata dan mengelola TPA dengan baik. Hal tersebut terlihat saat aktivitas sore dengan mendatangkan excavator untuk kegiatan penutupan tanah agar tumpukan tanah yang menggunung di TPA tak berjatuhan saat musim kemarau.

“Tiap hari bertambah volume sampah. Kami menggunakan ‘copersoil’ atau penutupan tanah agar tumpukan tanah yang menggunung di TPA tak berjatuhan,” tuturnya.

Gani Sirman berharap, dengan agenda rutin yang dilakukan bisa mewujudkan impian kota Makassar untuk meraih Adipura Paripurna tahun 2017 mendatang. “Harapan kita bisa wujudkan untuk Makassar raih Adipura Paripurna,” harapnya.* (Iskandar Burhan)

‘PostBanner’

Comment