by

Rangkul Kodim, Dinsos Makassar Tambah Tagana untuk Antisipasi Bencana

Foto: Humas Dinsos Makassar 

smartcitymakassar.com – Dinas Sosial Kota Makassar menambah pasukan taruna siaga bencana (Tagana) untuk mengantisipasi dan menangani bencana di Kota Makassar

Menurut Plt Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir, dengan melakukan kerjasama dengan Banteng Komando Dandim 1408/BS dalam mempersiapkan penanganan bencana alam kedepan terutama dalam musim hujan seperti saat sekarang.

“Kita kerja sama dengan Banteng Komando Kodim bagaimana kita menyelesaikan persoalan sosial hingga ke tingkat kesejahteraan sosial,” Kata Mukhtar Tahir saat kegiatan penandatangan kesepakatan bersama Dina Sosial Kota Makassar dan Banteng Komando Kodim 1408/ BS di Aula Kodim, jalan Lanto Dg. Pasewang, sabtu (19/11/2016).

Sementara Komandan Kodim 1408/BS, Letkol Inf. Otto Sollu menjelaskan bahwa pihaknya bergabung dengan pemerintah Kota Makassar khususnya Dinsos Kita Makassar karna tugas, tanggung jawab dan kemanusian.

“TNI selain tugas pertahanan juga membantu pemerintah daerah, jadi jelas aturannya apalagi ini persoalan hajat orang banyak,” Kata Otto Sollu

Tugas Banteng Komando tersebut setidaknya membantu dinas sosial dalam hal kominkasi informasi, pengamanan lokasi bencana. Untuk itu, Banteng Komando akan terjun langsung ke lapangan untuk memantau kondisi wilayah dan masyarakat. Jika terjadi bencana maka pihaknya langsung melaporkan ke Dinas Sosial.

Untuk memaksimalkan tugasnya maka sebelum terjun ke lapangan maka banteng Komando tersebut akan diberikan pelatihan khusus tentang penanganan bencana terutama sebelum, sedang dan sesudah bencana.(iskandar burhan)
‘PostBanner’

Comment