by

Makassar Bakal Jadi Tuan Rumah Three Ends 2017

Kepala BPPPA Tenri A. Palallo bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana S Yembise (Foto: Istimewa) 

smartcitymakassar.com – Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) Makassar Tenri A. Palallo  mengatakan tahun 2017, Makassar digadang-gadang jadi tuan rumah Three Ends.

Hal itu diungkapkannya sepulang dari kunjungannya bertemu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof Yohana S Yembise, Sabtu, (19/11/ 2016).

‘FooterBanner’


“Makassar selalu siap, bu Menteri,”  ulang Tenri A. Palallo menirukan ucapannya saat menjawab Menteri  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof Yohana S. Yembise berkata,  “Tahun depan,  Makassar Three Ends juga ya.”

Dialog dengan Mama Yo, sapaan Menteri Yohana berlangsung pada sesi  bermain bersama anak di acara panggung hiburan Three Ends, Belitung.  Dalam sesi ini, semua undangan  melebur dengan anak bermain, berputar – putar yang dipandu pencipta lagu  Three Ends Shinta Priwit, bersama Ria ‘Suzan’ Enes dan lainnya.

Seperti biasanya Mama Yo yang  berjalan santai sepanjang 5 km, masih  sangat bersemangat menyapa anak -anak hingga group musik Simphony  menghibur anak sekolah dan keluarga  di lokasi pantai Belitung.

Tahun 2016, Three Ends berakhir di  Kota Bandung setelah di Manado,  Jailolo, dan Belitung. Kegiatan ini  bertujuan mengakhiri kekerasan  terhadap perempuan dan anak,  perdagangan orang, dan keterbatasan  akses ekonomi perempuan.

Menteri Yohana menghadiri keempat  pertemuan tersebut. Model kampanye pada masing – masing daerah berbeda -beda, misalnya di Manado mendatangi  sekolah – sekolah, dan di Belitung  konsentrasi kegiatan di desa – desa.

“Saya apresiasi kreativitas masing -masing daerah. Tujuan kita pesan three ends itu sampai,”  ujar Menteri Yohana  di sela – sela gerak jalan santai di  Belitung.

Menteri Yohana meluangkan  waktu  menjawab pertanyaan  anak – anak  dan  perempuan dengan santai jauh dari kesan formal. Jarak antar anak, perempuan dan Mama Yo dibuat dekat. Pertanyaan yang muncul pun spontanitas dari peserta Three Ends.

“Mama Yo, alau kita dipukul mama,  sama siapa melapor?”  Tanya seorang  anak yang dipandu Ria ‘Suzan’ Enes.  Menjawab pertanyaan ini, Mama  Yo  tidak menyebut tempat melapor tetapi  menyampaikan ke seluruh orang tua  Indonesia agar tidak memukul anak. Tidak menggunakan kekerasan apapun  dalam mendidik anak. “Masih banyak  cara selain menggunakan kekerasan  fisik seperti memukul,” jawab Mama Yo.(iskandar burhan)

‘PostBanner’

Comment