by

Workshop LAKIP untuk Peningkatan Kualitas Layanan Pemerintah Kota Makassar

(Foto: Humas Pemerintah Kota Makassar, 2016)


Smartcitymakassar.com. –Makassar- Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melaksanakan Workshop tentang penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) bagi seluruh pejabat dan staf penyusunan LAKIP di unit kerjanya dalam lingkup Pemkot Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan di Makassar Golden Hotel, Kamis (03/11/2016).

Menurut Robby Tapsani, Kasubid Evaluasi dan Pelaporan Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPEDA) Kota Makassar, saat memberikan laporannya dihadapan peserta LAKIP, kegiatan ini adalah untuk melaksanakan perencanaan penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) secara transparan, partisipasif, dan akuntabel dan mampu mengukur tingkat pelayanan publik serta dapat dipertanggungjawabkan oleh setiap SKPD sebagai pengguna anggaran.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekkot) Makassar, Ibrahim Saleh, yang mewakili Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan ini adalah bentuk akuntabilitas setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menilai sampai sejauh mana tingkat pencapaian terhadap kinerja, target, sasaran dan ‘budget’ dalam rencana strategis kerja sesuai tugas dan fungsinya.

“Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di bawah kepemimpinan bapak Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, memuat visi menjadikan Makassar kota Dunia yang nyaman untuk semua,” kata Ibrahim Saleh.

“Workshop berupa pelaporan LAKIP, menginginkan setiap SKPD mampu mengukur kinerjanya serta menggambarkan ‘outcome’ suatu program sehingga dapat jelas memberikan gambaran pencapaian hasil kinerja suatu SKPD,” imbuhnya.

“Tujuannya jelas, sesuai instruksi bapak Walikota Makassar Danny Pomanto, yang menginginkan pencapaian rencana kerja dapat terealisasi dengan baik, akurat, dan seimbang, sehingga tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayaanan publik pemerintahannya bermanfaat dan dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.* (M. Yushar M./Ade I. G.)

Comment