by

Danny – Adnan Bahas Desain Renovasi Masjid Syekh Yusuf

Wali Kota Danny Pomanto dan Bupati Gowa Adnan Ichsan Yasin Limpo (Foto: Humas Diskominfo) 

smartcitymakassar.com – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memenuhi undangan khusus dari Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo untuk membahas desain renovasi Masjid Syekh Yusuf Gowa di Kantor Bupati Gowa, Senin, 31 Oktober 2016.

Keahlian puluhan tahun Wali Kota Danny sebagai konsultan arsitektur ditumpahkan selama pertemuan yang juga dihadiri Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni Kr Kio, Ketua DPRS Gowa, Anzar Zaenal Bate, Sekda Gowa, H Muchlis, Ketua HIPMI Gowa, Omar Muhammad Sahar, beberapa Kepala SKPD dan donatur pembangunan masjid.

‘FooterBanner’


Diketahui, Wali Kota Danny adalah pemegang sertifikasi tertinggi di bidang arsitektur. Sebelum menjabat wali kota, Danny Pomanto seorang arsitek yang sukses mendesain beragam karya arsitektur monumental maupun ikonik. Salah satunya Masjid Amirul Mukminin yang populer dengan sebutan Masjid Terapung Makassar.

Satu per satu desain bagian masjid mendapat perhatian Wali Kota Danny, termasuk jenis material yang akan digunakan. Melihat tampilan desain Masjid Syekh Yusuf, Wali Kota Danny mengakui anatomi struktur yang ada telah berhasil mengeksplor kekayaan budaya Gowa sebagai salah satu kerajaan terbesar di nusantara.

“Desainnya sudah berhasil mengeksplor motif dan budaya Gowa. Jika ingin membuat karya arsitektur ikonik, desainnya memang harus berbeda, memiliki ciri khas yang tidak ditemukan pada bangunan lainnya,” papar Wali Kota Danny.

Satu hal yang harus menjadi fokus perhatian pada bangunan masjid lanjut Danny adalah mihrab karena tempat ini menjadi titik perhatian setiap orang ketika memasuki masjid. Di mihrab itu pula imam masjid ataupun penceramah dapat mengontrol jamaahnya. Ia menyarankan agar mihrab dibangun lebih tinggi lagi.

Sementara itu, Bupati Adnan mengundang khusus Wali Kota Danny  untuk meminta saran dan pendapat terkait renovasi masjid dan desain yang sudah dibuat oleh konsultan. “Pak Wali ini sudah banyak mendesain masjid yang jadi ikon. Beliau juga selama ini kalau mendesain masjid tidak pernah dibayar,” katanya.

Diharapkan pembangunan Masjid Syekh Yusuf Gowa dapat rampung pengerjaannya dalam waktu enam bulan sehingga dapat dimanfaatkan warga Gowa tepat pada 1 Ramadhan 1437 Hijriah.(Ade Ismar/Yushar Mustafa)

Comment