by

DPRD Palopo dan Dinas Bangunan Bekasi Belajar Managemen Tinja ke Dinas PU Makassar

Foto: Hamka Humas 

smartcitymakassar.com – Tim Pansus II DPRD Kota Palopo, Sulsel dan Dinas Bangunan dan Permukiman Kota Bekasi melakukan kunjungan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Selasa (25/10/2016). Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Dinas PU Makassar.
Menurut Kadis PU Muhammad Ansar, kedatangan Tim Pansus II DPRD Kota Palopo ke Dinas PU Kota Makssar untuk mengkonsultasikan mengenai Retribusi Jasa Umum yaitu Retribusi Tinja.

“Mereka bertanya apa yang mendasari dalam penentuan tarif penyedotan tinja dimana pemberian retribusi itu tidak memberatkan tetapi tetap dapat memberikan PAD”, ucap Ansar.

Hal ini terkait dengan perubahan Perda Kota Palopo  mengenai kubikasi. Saran dari Dinas PU Kota Makassar mengenai Perda kubikasi yang akan dihapus sebaiknya tidak perlu tetapi ditambahkan saja dengan jenis bangunannya.

Sementara itu, kedatangan Dinas Bangunan dan Permukiman Kota Bekasi ke Dinas PU Kota Makassar untuk mewujudkan program sanitasi berbasis tekhnologi.

Di Bekasi saat ini telah memiliki tekhnologi berbasis aplikasi online untuk memesan mobil penyedot tinja ke rumah. Pelanggan yang telah mengikuti program layanan lumpur tinja terjadwal adalah sekitar 2000-an lebih pelanggan di kota Bekasi.

Dijelaskan Kadis PU Makassar, saat ini  telah ada instruksi walika kota Makassar tentang Layanan Penyedotan Tinja Lingkup Pemerintah dimana seluruh bangunan pemerintah wajib untuk masuk dalam program L2T2.

Instruksi walikota Makassar tersebut dilaksanakan secara bertahap mulai dari bangunan gedung Kantor SKPD, PD dan Unit Kerja Lingkup Pemerintah Kota Makassar dilanjutkan ke Aparatur Sipil Negara Kota Makassar.

Saat ini program sanitasi berbasis tekhnologi sangat bagus untuk dijalankan” pungkas Ansar.(Iskandar Burhan)

Comment