by

Andi Syahrum Makkuradde Dorong Peserta Workshop Terapkan Nilai-Nilai Lokal di Masyarakat

(Foto: Humas Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, 2016)


Smartcitymakassar.com. –Makassar- Kecamatan Biringkanaya bersama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) adakan kegiatan workshop bertema “Penguatan Indentitas Lokal dan Peningkatan Rasa Kebangsaan” bertempat di Aula Kantor Kecamatan Biringkanaya, Selasa (11/10/2016).

Bertema penguatan nilai-nilai kearifan (bahasa dan tradisi) lokal dalam meningkatkan rasa kebangsaan pada generasi muda Kecamatan Biringkanaya,  Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unhas, Burhanuddin Arafah tekankan beberapa hal penting kepada para peserta.

Diantara hal tersebut adalah mengenai ‘ati mappaccing’ atau mempunyai niat dan itikad yang baik, dan ‘reso’ atau keharusan dalam melihat dan bergerak cepat dalam mengerjakan sesuatu (motivasi berprestasi).

Lalu mengenai ‘assimelereng’ atau menjaga tetap tingginya nilai persatuan dan persaudaraan yang harus tetap berjalan dan dijaga bersama. Juga tentang kepatutan atau ‘mappasitinaja’ yang merupakan kejujuran dalam menjalankan amanah yang dipikul seseorang. Kejujuran dan kepercayaan merupakan simbol untuk menjadi lebih baik.

Dalam kata sambutannya pada pembukaan, Camat Biringkanaya Andi Syahrum Makkuradde menghimbau para perserta agar dapat langsung mempraktekkan pengalaman dari workshop ini di lapangan mengenai pentingnya rasa kebangsaan dan budaya serta tradisi lokal.* (Iskandar Burhan)

Comment