by

DKP3 Gelar Pertemuan Teknis Pengembangan Lorong Hijau Produktif

Pertemuan Teknis Pengembangan Tanaman Holtikultura Lorong Hijau Produktif (Foto: Humas DKP3) 

smartcitymakassar.com – Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Perternakan (DKP3) Kota Makassar, mengadakan pertemuan teknis pengembangan tanaman hortikultura untuk pengembangan lorong hijau produktif, di Hotel Grand Cellino, Senin (19/9/2016)

Peserta yang hadir sebanyak 350 orang yang merupakan  kader dari lorong yang lorongnya mendapat sentuhan program lorong hijau produktif.

‘FooterBanner’


Sebelumnya telah dilakukan di 7 kecamatan lainnya. Mereka akan diberikan motifasi dan bimbingan teknis tentang cara berbudidaya tanaman hortikultura (sayuran,buah-buahan, tanaman hias dan tanaman obat keluarga) yang cocok ditanam di lorong atau pekarangan.

Menurut Kadis DKP3, Rahman Bando, Tahun 2016 ini ada 250 lorong yang diberikan bantuan bibit tanaman produktif dari DKP3, Masing masing kecamatan ada 18 lorong, Dua diantara 8 lorong tersebut merupakan pilot project.

“Para kader inilah ujung tombak berhasilnya program yang akan dinikmati manfaatnya oleh masyarakat lorong tersebut jika berhasil dan produktif. Karena sifatnya tanaman hidup sehinga perlu motifasi yang kuat dan partisipai aktif untuk merawat tanaman tersebut,”jelasnya

“Selain itu akan dilaksanakan pelatihan jejaring pemasaran kemitraan, Ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan menambah pengetahuan bagaimana masyarakat yang menghasilkan produk dari pertanian, untuk memasuki pasar dengan efektif serta prasyarat yang harus dipenuhi. Ini sejalan dengan program menggiatkan usaha lorong dimana hasil kegiatan dari lorong-lorong ketika produksinya telah banyak nantinya mampu  diolah dan dipasaran dengan efektif,”Ucap kadis DKP3 Rahman Bando. (iskandar burhan)

Adapun Pemateri yang hadir  untuk acara lorong hijau produktif ( Longgar )
Akademisi :
Prof.Dr. Laode Asrul,MP,
Dr.Ir. Mais Ilsan,MP
Din Zulfikar,S.Sos,M.Si,
Dr.Ir. Netty M.Said,MSi,
Dr.Ir.Eni Dunggu,MP, Dr.Ir. Edy Nuhung,MP,
Dr.Ir.H. Sudirman Numba, MS

Motifaftor dan Praktisi :
Prof.DR.H.Aminuddin Selle, SH,MH, ( Yayasan Aminuddin salle).
Ir. H.M. Syaiful saleh, M.Si ( Pemkot Makassar)
Zulfitriani,SP, MP ( Makassar Flora dan Horti club)
Yenny dari (Koya Florist,)
Drs. Aspianoor Masrie, M.Si.

Comment