by

Kecamatan Rappocini Tandatangani MOU dengan Sejumlah Lembaga

Foto: Iskandar Burhan, Smartcity Magazine & Online News and Information®, 2016

Smartcitymakassar.com. –Makassar- Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto meluncurkan atau ‘launching’ Program Inovasi Pelayanan Publik milik Kecamatan Rappocini di Kantor Kecamatan Rappocini, Senin (19/09/2016).

Acara ini dirangkaikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MOU) antara Kecamatan Rappocini dengan STIA Lembaga Administrasi Negara (LAN), Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Ombudsman RI Perwakilan Sulsel, Kementerian Lingkungan Hidup, dan Yayasan Peduli Negeri (YPN).

MOU dengan STIA-LAN menyangkut peningkatan sumber daya manusia dan pembentukan budaya kerja. Sementara dengan Ombudsman Sulsel, MOU terkait dengan pengawasan penyelenggaran pelayanan publik. Pengembangan ‘Eco-Office’ atau kantor berbudaya lingkungan merupakan MOU dengan Kementerian Lingkungan Hidup. 

Sementara MOU dengan YPN menyangkut masalah Bank Sampah ‘Tenar” di Kecamatan Rappocini. Dan dengan Unismuh Makassar, MOU menyangkut dukungan terhadap program Badan Usaha Lorong (BULO) di Kecamatan Rappocini.

Dalam kesempatan tersebut, Danny mengatakan bahwa inti dari pemerintahan modern adalah inisiatif dan inovatif. “Inisiatif  dan inovatif yang dilakukan oleh Camat Rappocini, Hamri Haiya, terkait inovasi pelayanan publik patut diancungi jempol dan menjadi contoh bagi 13 camat se-kota Makassar ,” jelas Danny. “‘Smart Kecamatan’ sudah bukan lagi hal yang sunnah, tapi ini merupakan hal yang wajib bagi seluruh kecamatan kota makassar,” lanjutnya.

Menurut Danny, yang diidamkan oleh masyarakat Makassar dan bangsa ini adalah pelayanan publik prima, dimonitor secara smart, punya standarisasi ‘quick response’, serta akuntabilitas data yang transparan. Dari Kecamatan Rappocini, harapan tersebut dimulai dan menjadi contoh bagi 13 kecamatan lainnya yang ada di Makassar.

Sementara itu, setelah penandatanganan MOU, Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, H. Abd. Rahman Rahim, menyatakan kesiapannya untuk mendukung dengan sumber daya manusianya, baik dosen ataupun mahasiswa, terkait program Badan Usaha Lorong (BULO). Ada tiga fakultas di Unismuh, masing-masing Fakultas Ekonomi, Pertanian dan Kedokteran yang siap untuk mendukung program BULO nantinya.* (Iskandar Burhan)

Comment