by

Wali Kota Danny Launching Gerakan Literasi Sekolah


smartcitymakassar.com – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto meluncurkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Negeri 17 Makassar, Jumat, (16 September 2016) yang digandengkan dengan Fajar Goes to School (FGS).

Menurutnya, GLS dan FGS adalah gerakan yang memperkuat pendidikan. Literasi sangat penting bagi pelajar untuk membuka dan mengembangkan wawasan berpikir dari beragam literatur yang dijadikan referensi.

‘FooterBanner’


Bahkan dalam ajaran Islam, lanjutnya perintah pertama Allah SWT kepada Rasul – Nya Muhammad SAW adalah Iqra atau bacalah. “Menandakan membaca itu sangat penting. Hakekat dari literasi adalah membaca. Apa yang kita baca adalah bukti – bukti dan tanda – tanda kebesaran Allah SWT. Membaca apa yang tersurat untuk memahami yang tersirat,” paparnya.

Membaca sangat penting untuk memperkaya khasanah intelektual pelajar, tanpa membaca masa depan akan sulit diraih, cita – cita akan sulit dicapai. Kepala SMA Negeri 17 Makassar, Syamsuddin menyampaikan Gerakan Literasi Sekolah adalah gerakan nasional. Di Sulawesi Selatan ada empat sekolah yang menjadi titik awal gerakan ini, SMA Islam Athira, SMA Negeri 17 Makassar, SMA Negeri 5 Makassar, dan SMA Tinggi Moncong Gowa.

Di SMA Negeri 17 Makassar, Gerakan Literasi Sekolah diawali dengan menanamkan kebiasaan membaca bagi pelajar, “15 menit sebelum pelajaran dimulai, setiap siswa diwajibkan membaca buku. Senin dan Selasa membaca buku agama, Rabu dan Kamis buku umum, Jumat membaca Al Qur’an,” jelas Syamsuddin.

Pelajar SMA Negeri 17 menyambut positif Gerakan Literasi Sekolah, Andi Shufiyah Qulub, pelajar kelas X IPA 10 mengaku senang adanya gerakan yang menumbuhkan budaya literasi di kalangan pelajar, “Gerakan Literasi Sekolah benar benar bermanfaat bagi pelajar karena dengan adanya gerakan literasi ini, siswa – siswi sekolah SMA Negeri 17 Makassar dapat meningkatkan pengetahuannya lewat buku bacaan ataupun sumber literatur lainnya seperti surat kabar, dan majalah,” ujar Shufiyah.

Budaya membaca memungkinkan pelajar bersentuhan dengan beragam aliran pemikiran dunia, Wali Kota Danny berpesan agar memperbanyak referensi dari beragama bacaan dan mendiskusikannya dengan orang – orang yang memahami untuk mendapatkan sudut pandang berbeda dan sebagai penyeimbang. Di akhir launching Gerakan Literasi Sekolah, Wali Kota Danny menyematkan PIN GLS kepada perwakilan pelajar.(ade ismar gobel/yushar mustafa)

Comment