by

Bongkar Lapak Secara Sukarela, PK5 Sunu Jadi Prioritas Wali Kota Danny

Wali Kota Danny Pomanto Saksikan Pembongkaran Lapak PK5 (Foto: Humas Pemkot) 

smartcitymakassar.com – Pedagang Kaki Lima (PK5) Jalan Sunu secara sukarela melakukan pembongkaran lapak jualannya yang berada di jalur pedestrian sisi timur mesjid Al Markaz, Jl. Sunu, (13/09).

Pembongkaran ini merupakan pertama dilakukan oleh pedagang yang telah berjualan di tempat tersebut selama puluhan tahun.

‘FooterBanner’


Berkat hal itu, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto yang turun langsung menyaksikan pembongkaran lapak oleh para pedagang tersebut menyanpaikan akan memperioritaskan mereka direlokasi ke tempat baru yang disiapkan pemerintah.

“Satu kesyukuran karena mereka sendirilah yang membongkar lapak jualannya secara sukarela tanpa adanya bentrokan. Saya memprioritaskan mereka menempati tempat baru. Tidak boleh ada yang masuk sebelum PK5 Sunu,” terang Danny disambut meriah warga dan pedagang setempat.

Pemerintah kota Makassar tengah mencanangkan  Pembangunan pusat kaki lima di beberapa titik strategis dan tidak lagi mengizinkan adanya aktivitas jual beli di atas jalur pedestrian.

Danny mengatakan di era pemerintahannya, Ia tidak akan pernah melakukan penggusuran, namun akan melakukan penataan dengan merelokasi pedagang yang telah ada dan terdata oleh pemerintah setempat di lokasi yang lebih layak secara gratis.

Dengan demikian Danny berharap akan membawa keuntungan yang lebih baik bagi pedagang sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan mereka.

Pedagang Kaki Lima (PK5) Jl. Sunu adalah yang pertama kali akan direlokasi dari 7600 PK5 Makassar yang rencananya akan dilakukan penataan setelah 47 PK5 ini telah mencapai kata sepakat dengan pemerintah.

“Mereka juga memenuhi persyaratan dan prosedur yang ada jadi segera kita realisasikan agar penataan pedestrian dan PK5 kita bisa dua kali tambah baik,” kunci Danny.(ade ismar gobel/yushar mustafa)

Comment