by

Wali Kota Danny: "Becak Kendaraan Ramah Lingkungan, Bebas Polusi dan Hemat Energi"

Foto: Iskandar Burhan, SmartCity Magazine & Online News and Information®, 2016


Smartcitymakassar.com. –Makassar-  Tamu Makassar International Eight Festival & Forum yang populer dengan Makassar F8 bakal diantar menggunakan becak mengitari area F8 di sepanjang anjungan Pantai Losari selama perhelatan, 8 sampai 10 September 2016.

Hanya becak hias, sejumlah 78 buah, yang diperbolehkan memasuki area Makassar F8. Becak-becak yang berasal dari SKPD, Perusda, kecamatan, dan kelurahan dihias dengan beragam warna mencolok, hijau, merah, kuning, dan oranye.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menuturkan kehadiran becak hias selama event Makassar F8 mengingatkan warga kota jika becak, alat transportasi yang dulunya sangat populer di tengah masyarakat, kini kian tergerus seiring perkembangan zaman.

“Becak kendaraan ramah lingkungan, bebas polusi dan hemat energi,” sebut Danny, Jumat (09/09/2016).

Sementara itu, Aspiannoor, dosen Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin menyampaikan keberadaan becak sepatutnya dipertahankan bukan digusur melainkan dirangkul.

“Becak bisa menjadi solusi di tengah ancaman krisis lingkungan yang melanda bumi dimana polusi akibat pembakaran karbondioksida pada kendaraan bermotor semakin bertambah,” jelasnya.

Di beberapa kota di Indonesia, becak masih bertahan bahkan dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata seperti di Yogyakarta. Sementara di kota lainnya, keberadaan becak kian tersisih dengan kehadiran kendaraan roda dua yang dimanfaatkan sebagai transportasi umum.* (Iskandar Burhan)

Comment