by

Wali Kota Danny Terima Penghargaan Implementasi Smart City Nusantara


smartcitymakassar.com – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menerima Piagam Penghargaan Implementasi Smart City Nusantara dari PT Telkomunikasi Indonesia Tbk di Rumah Jabatan Wali Kota, Kamis, (1/09/2016).
Piagam diserahkan oleh Deputy EVP Marketing Telkom Regional 7, Aris Dwi Tjahjanto mewakili Direktur Enterprise and Business Service PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Muhammad Awaluddin.
Makassar adalah satu dari tujuh puluh satu kota di Indonesia yang menerima penghargaan itu. Menurut Aris, Makassar dinilai layak menerima penghargaan Implementasi Smart City Nusantara karena infrastruktur Smart City yang dikembangkannya termasuk yang paling bagus di Indonesia.

“Pertama masalah infrastruktur. Makassar termasuk infrastrukturnya paling bagus di Indonesia. Selain infrastruktur juga dari contentnya, paling banyak juga Makassar, dan kemudahan masyarakat mengakses content – content itu,” terang Aris.

Penghargaan Implementasi Smart City diberikan untuk memotivasi kota – kota agar selalu mengembangkan Smart City di daerahnya dengan begitu, masyarakat juga bisa merasakan manfaatnya.

Implementasi Smart City di Makassar dapat dilihat pada pelayanan kesehatan Dottoro ta (Home Care) berbasis Telemedicine, di bidang perbankan, pajak, dan kependudukan, Pemerintah kota (Pemkot) Makassar bekerjasama dengan BRI telah menerbitkan Smart Card sebagai kartu multi fungsi.

Khusus untuk murid sekolah, Pemkot Makassar menggandeng BNI menerbitkan Makassar Student Smart Card, dan bagi anak – anak Makassar ada Kartu Anak Makassar yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Makassar yang bekerjasama dengan beberapa toko buku, dan wahana bermain anak.

Implementasi Smart City lainnya dapat dilihat pada War Room (Commons Room) yang menghubungkan kamera CCTV milik Pemkot Makassar yang tersebar di berbagai titik pada layar monitor.

Wali Kota Danny Pomanto menuturkan pengembangan Smart City di Makassar menggabungkan teknologi informasi dengan kearifan lokal Makassar, “Smart City kita gandengkan dengan Sombere. Kita melakukan sentuh hati atau touching hearth agar Smart City dapat diterima masyarakat,” tutur Danny.

Saat ini, warga Makassar dapat menikmati akses internet gratis di Anjungan Pantai Losari sepanjang satu kilo meter. Akses internet gratis itu juga salah satu bentuk implementasi Sombere dan Smart City di Makassar.(ade ismar gobel/yushar mustafa)

Comment