by

Ini Jawaban PDAM Makassar Terkait Terhentinya Pasokan Air dari PDAM

Foto: Ilustrasi

Smartcitymakassar.com. –Makassar- Terkait banyaknya laporan warga yang mengeluhkan kurangnya pasokan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar khususnya warga RW 03 dan 04 Kelurahan Camba Berua Kecamatan Ujung Tanah Sudah beberapa hari ini tidak lagi  menerima pasokan air  bersih.

Seperti yang dialami Dg Ngerang warga yang bermukim di Kelurahan RW 03 dan RE 04 mengeluhkan pasokan air di rumahnya sudah beberapa hari tidak mengalir.

“Hampir tiap tahun kita alami hal yang seperti ini, apalagi kalau masukmi  musim kemarau,  susahki  kalau mau mandi dan mencuci lebih lebih untuk diminum ,” ujarnya. Hal serupa diamini H. Syarifuddin yang juga warga Kelurahan Camba Berua, menurutnya sudah beberapa kali mendatangi pihak PDAM untuk komfirmasi terkait hal ini tapi tidak ada kejelasan.

“Kami  mewakili warga meminta kejelasan pihak PDAM  terkait hampir setiap tahun masalahnya begini-begini terus dan tidak direalisasikan,” ungkapnya.

Humas Pengaduan Pemkot Kota Makassar saat  menerima laporan warga tersebut langsung menindak lanjuti dengan melakukan komfirmasi ke PDAM. Menurut Kabag Humas PDAM Kota Makassar Idris Tahir yang dikomfirmasi melalui WhattsUp nya, Selasa (30/8/2016), membenarkan hal tersebut.

Menurutnya kondisi tekanan air beberapa hari ini disebabkan oleh pipa pengantar air baku yang berdiamerer 600 mm di daerah Malangkeri pecah dan bocor,

“Ini yang mengakibatkan sehingga Instalasi Pengolahan Air (IPA) 2 Panakukang pasokan airnya terhenti sehingga subsidi air ke daerah utara mengalami masalah, kita sementara dalam proses pembenahan dan perbaikan,” ungkapnya.

Lebih jauh Idris Tahir  mengatakan pasokan air dari Bendungan Lekopaccing telah mengalami penyusutan hingga 40% sehingga debet air yang akan diproduksi otomatis berkurang, sehingga untuk mengantisipasiya, pihaknya telah mengusahakan pemasangan pompa air sebagai tambahan air baku yang berada di Sungai Moncongloe, Kabupaten Maros.

“Sementara ini kita sudah lakukan persiapan untuk memasang pompa air di Sungai Moncongloe Kabupaten Maros, mudah-mudahan cepat selesai, sehingga  air bisa normal kembali, kami mohon maaf  atas ketidaknyamanan yang dirasakan warga dan dimohon pengertiannya,” jelasnya. (Ade Ismar Gobel/M. Yushar M.)

Comment