by

Indonesia Smart City Forum 2016 Bandung, September 2016: Harapan Lahirnya Kebijakan Nasional Smart City

Inset: Denny Hidayat

Sumber Foto: Ade Ismar Gobel (Kepala Seksi Pengembangan Media, Dinas Kominfo Kota Makassar)

Smartcitymakassar.com. –Makassar- Indonesia Smart Forum 2016 bakal digelar di Kota Bandung dengan tema “Tingkatkan Kolaborasi, Kurangi Kompetisi”, 2-3 September 2016 mendatang, berlokasi di venue Trans Luxury Hotel Bandung.

Denny Hidayat, Kepala Bidang Pengembangan Informasi, Aplikasi dan Telematika, Dinas Kominfo Kota Makassar, menjelaskan bahwa pada forum ini seluruh kabupaten kota se-Indonesia akan diundang untuk melakukan MOU (Memorandum of Understanding) perihal pertukaran aplikasi dan kesepakatan kolaborasi guna memajukan Smart City di Indonesia.

Bagi Makassar sendiri, menurut Denny Hidayat, adalah menjadi ‘event’ penting. Makassar dapat membagikan pengalaman kepada peserta lain disamping kerjasama ‘sharing’ aplikasi. Hal ini memberikan manfaat bagi Makassar dalam kerangka saling memberi akselerasi dalam kemajuan Smart City di Indonesia.

Saling berbagi pengalaman ini adalah penting karena sifat Smart City yang unik di tiap kabupaten kota. Sifat Smart City tergantung pada kondisi lokasinya. ‘Alignment’ atau penyelarasan ataupun kepaduan antara tingkat kota/kabupaten dan nasional menjadi hal yang sangat penting. Hal inilah juga yang membawa kontingen Makassar, menurut Denny Hidayat, berharap agar di forum nantinya dapat dilahirkannya sebuah kebijakan nasional komprehensif terkait Smart City di Indonesia.* (M. Yushar M.)

Comment