by

Makassar Jadi ‘Pilot Project’ Penelitian Kebijakan Perubahan Iklim Kota dari Perspektif Gender

Sumber Foto: Humas Pemerintah Kota Makassar, 2016

Smartcitymakassar.com. –Makassar- Kota Makassar bersama DKI Jakarta dijadikan ‘pilot project’ penelitian menyangkut kebijakan perubahan iklim atau ‘climate change’ dalam perspektif gender.

Penelitian dilakukan oleh sejumlah aktivis perempuan dari berbagai organisasi berfokus pada masalah gender. Mereka berkedudukan di Makassar, Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Kedua kota ini dinilai memiliki profil yang dapat mewakili kota lainnya di Indonesia. Hal ini diungkapkan saat Puspa Dewi dari  Solidaritas Perempuan bersama aktivis AKSI, dan Gender CC for Women Climate Justice bertemu Wali Kota Makassar di Balaikota, Selasa, (02/08/2016).


Puspa Dewi menjelaskan bahwa fokus penelitian ini adalah menggali informasi dan membaca sejumlah dokumen berkaitan dengan perubahan iklim, gender, kebijakan, dan program pemerintah.

“Hasilnya akan menjadi rekomendasi bagi pemerintah kota dalam mengambil kebijakan, dan menyusun program yang responsive gender terhadap perubahan iklim yang terjadi,” lanjutnya.* (Iskandar Burhan)

Comment