by

Jelang Ramadhan, DKP3 Makassar Lakukan Pengawasan dan Pengujian Produk Pangan Asal Hewan

Tim Pengawasan Produk Peternakan bidang Peternaka DKP3 Kota Makassar lakukan pengawasan dan pengujian produk peternakan di Pasar Pabaeng-Baeng, Lotte Mart Alauddin dan Supermarket Giant Alauddin, Kamis (02/06/2016).
Foto: Humas DKP3 Kota Makassar, 2016

Smartcitymakassar.com. –Makassar- Untuk mengantisipasi peredaran pangan asal hewan yang tidak layak konsumsi menjelang bulan suci Ramadhan 1437H, tim Pengawasan Produk Peternakan bidang Peternakan, Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Makassar melakukan kegiatan pengawasan dan pengujian produk peternakan.

Produk yang diawasi dan diuji meliputi seperti daging sapi, ayam, telur dan produk olahan hewan lain yang dijual di Pasar Pabaeng-Baeng, Lotte Mart Alauddin dan Giant Supermarket Alauddin, Kamis (02/06/2016).

Menurut Kabid Peternakan, A. Herliyani, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan jaminan rasa nyaman masyarakat menjelang bulan suci ramadhan guna dapat memperoleh produk asal hewani yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH).

Pengujian dilakukan dengan cara pemeriksaan fisik, organoleptis dan pengukuran kadar pH. Pemeriksaan fisik meliputi warna, tekstur dan bau dari daging sapi/ayam. Sedangkan pengukuran kadar pH utk mengetahui apakah daging tersebut masih dalam kondisi baik, sudah mulai membusuk atau bahkan sudah membusuk (tidak layak konsumsi). Pengukuran kadar pH dilakukan dengan menggunakan alat pH meter electric yang bisa dibawa (mobile).

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), Bagoes Dwi Formanto, dari hasil pemeriksaan kesehatan dan kelayakannya produk di tiga lokasi tersebut di atas diperoleh hasil cukup baik, yaitu tidak ditemukan produk peternakan yang tidak layak konsumsi.* (Iskandar Burhan)

‘PostBanner’/

Comment