by

Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Provinsi Sulsel: Kelurahan Kapasa Miliki Keunggulan Kompetitif dari yang Lainnya

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, masing-masing Moh. Ramdhan Pomanto dan Syamsu Rizal, bersama Ketua TP-PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, mengunjungi Kelurahan Kapasa sebagai wakil Kota Makassar dalam Lomba Kelurahan Terpadu tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (23/05/2016).
Foto: Iskandar Burhan, SmartCity Magazine & Online News, 2016

Smartcitymakassar.com. –Makassar- Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea, mewakili Kota Makassar pada Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Kompetisi ini merupakan ajang tertinggi yang menilai sistem pembinaan pemerintahan di tingkat desa atau kelurahan.

Camat Tamalanrea, Kaharuddin Bakti, mengatakan, “kelurahannya memang sudah siap dari dulu. Di sini sudah ada puskesmas, ada bank sampah, ada hutan kota, pelayanan berbasis IT di kelurahan, dan ‘Home Care’. Tinggal menata dan merapikan saja.”

Optimisme tersebut juga dilihat dari sejumlah keunggulan yang dimiliki Kelurahan Kapasa. Menurut Kaharuddin Bakti, Kelurahan Kapasa punya keunggulan absolut yang tidak dimiliki oleh daerah lain. “Seperti bank sampah kita dikelola oleh Karang Taruna Tunas Kapasa, belum ada yang seperti itu. Ditambah keunggulan lainnya,” papar Kaharuddin.

Sementara di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat sejak tahun 2015 tidak ada lagi kasus perkelahian dan pencurian di wilayah Kelurahan Kapasa. “Capaian itu seiring dengan meningkatnya intensitas rembug warga dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial, dan peran serta masyarakat di bidang keamanan lingkungan,” jelas Zainuddin, Lurah Kapasa.

Di bidang pelayanan kesehatan, selama Oktober 2015 hingga April 2016 telah dilayani 33 pasien ‘Home Care’ dan ‘Home Visit’ dari Puskesmas Kapasa. “Umumnya diagnosa pasien adalah hipertensi sebanyak 12 kasus, ada juga hipertensi dengan diabetes melitus 4 kasus, dan post stroke 2 kasus,” urai penanggungjawab Home Care Puskesmas Kapasa, Hariaty.

Di Kelurahan Kapasa terdapat tiga kelompok belajar usaha, dan taman baca Kapasa. Di bidang kesehatan, cakupan imunisasi BCG, DPT 1, dan Polio mencapai 92,7% dengan jumlah Posyandu mencapai 13 unit. Adapun jumlah akseptor KB sebanyak 1.681 atau 82,7% di tahun 2015.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyampaikan terima kasih kepada warga kelurahan Kapasa yang telah berpartisipasi dalam mempersiapkan kelurahannya pada Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Senin, (23/05/2016).

“Terima kasih kepada seluruh warga, tokoh masyarakat yang telah bekerjasama dengan pemerintah, dan PKK. Semangat ini harus tetap kita jaga. Semangat menjadi dua kali tambah baik. Mari terus bekerja menjadikan kelurahan yang kita andalkan menjadi bagian dari ukuran kemajuan Kota Makassar,” ujar Danny.* (Iskandar Burhan)

Baca Juga: “Kelurahan Kapasa Berpeluang Menangkan Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Provinsi Sulsel”

‘PostBanner’/

Comment