by

‘Home Care’ Makassar Masuk Top 35 Inovasi Pelayanan Publik Nasional

Foto: SmartCity Magazine & Online News



Smartcitymakassar.com. –Makassar- Makassar adalah salah satu dari 4 kota, yakni Bandung, Balikpapan, dan Pontianak yang mendapat penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik. Selain kota, penghargaan sama juga diberikan bagi 3 kementerian, 2 lembaga, 8 provinsi, 14 kabupaten, 3 BUMN/BUMD.

Top 35 Inovasi Pelayanan Publik ini ditetapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Indonesia. Top 35 ini diambil dari Top 99 pelayanan publik yang diambil sebelumnya dari sejumlah total 2.476 inovasi yang berpartisipasi.

Kegiatan tahunan yang telah digelar sejak 2014 ini merupakan wujud dari program One Agency, One Inovation (OAOI), yang mewajibkan setiap kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan pada tahun ini ditambah Badan Usaha Milik Negara/ Daerah wajib menciptakan minimal satu inovasi setiap tahun.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, mengatakan pelayanan publik Pemerintah Kota Makassar yang masuk ajang ini yakni ‘Home Care’; pelayanan kesehatan ke rumah 24 jam. “Tidak mudah masuk Top 35 Inovasi Pelayanan Publik 2016 ini. Kita mesti melewati sebuah proses kompetisi panjang hingga ditetapkan oleh tim ahli sebagai evaluatornya,” ucap Danny, (24 Mei 2016).

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengatakan Wali Kota, Danny Pomanto, akan hadir menerima langsung penghargaan tersebut di Hotel Bidakara, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

“Penghargaan ini sangat bergengsi; terbukti hanya 4 kota yang masuk dari sekian banyak kota yang mendaftarkan inovasinya. Rencananya Presiden RI Joko Widodo yang akan menyerahkan penghargaan ini, lusa, 26 Mei,” kata Firman.* (Iskandar Burhan)

Comment