by

DKP3 Makassar Tebar 25 Ribu Bibit Ikan Mas di Waduk Tunggu Pampang, Antang

DKP3 Kota Makassar melakukan penebaran bibit ikan mas di Waduk Tunggu Pampang, Kecamatan Antang, Selasa (24/05/2016).
Sumber Foto: Humas DKP3 Kota Makassar, 2016


Smartcitymakassar.com. –Makassar- Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Makassar melakukan Restocking ikan mas di Waduk Tunggu Pampang, Kelurahan Antang, Kecamatan Manggala, Selasa (24/5/2016).

Kegiatan penebaran ikan (restocking) ini dilakukan oleh Kepala Dinas (Kadis) DKP3 Makassar Abd. Rahman Bando bersama Camat Manggala Anshar Umar, Kabid Perikanan, Lurah Manggala, Lurah Antang, Ketua LPM Antang, Ketua LPM Manggala, 24 Ketua ORW se-Kelurahan Manggala dan Antang serta staf perikanan DKP3.

Abd. Rahman Bando menjelaskan bahwa program ‘restocking’ ini dilakukan Pemkot Makassar sebagai satu bentuk upaya merekonstruksi nasib masyarakat dengan memperkaya sumberdaya ikan di perairan umum Makassar sehingga meningkatkan populasi ikan yang dapat dimanfaatkan secara ekonomis untuk pemancing ikan di wilayah tersebut serta salah satu upaya untuk menambah stock benih ikan tangkapan pada perairan yang dianggap telah kritis akibat padat tangkap atau pemanfaatannya yang berlebihan.

Kadis DKP3 ini mengingatkan agar berhati-hati pada proses aklimatisasi (penyesuaiaan alam) bibit yang ditebar agar dapat berkembang biak dengan optimal sampai layak untuk ditangkap. Dia berharap, untuk efektifnya restocking, agar masyarakat melakukan aktifitas memancing atau menggunakan jaring secara terkontrol serta ramah lingkungan, tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dan strom ikan.

Camat Mangala, Andi Anshar, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas ‘restocking’ ini. Dengan populasi yang meningkat diharapkan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya khususnya nelayan perairan umum.

Jenis ikan yang ditebar pada ‘restocking’ ini, menurut Kepala Bidang Perikanan DKP3 Makassar, Zanty Shulsilawati, adalah Ikan Mas sebanyak 25 ribu ekor. DKP3 menargetkan selama tahun 2016 akan menebar 75 ribu ekor. Sebelumnya telah dakukan kegiatan penebaran 25 ribu Ikan Nila di lokasi Long Storage Tanjung Bunga, Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate.* (Iskandar Burhan)

‘PostBanner’/

Comment