by

Lorong Sehat Maccini, Kerjasama Kelurahan-Puskesmas yang Berbuah Manfaat bagi Warga

Lorong Sehat di Lorong 14, RT07/RW01, Kelurahan Maccini, Kecamatan Makassar, Selasa (03/05/2016).
Sumber Foto: Iskandar Burhan, SmartCity Magazine & Online News, 2016

Smartcitymakassar.com. –Makassar- “Warga masyarakat setempat, maupun warga masyarakat lainnya, bisa datang ke tempat kami apabila membutuhkan tanaman-tanaman obat alami,” undang, dengan tulus, Zainal, Ketua RT07/RW01.

Di tempat Zainal inilah, berlokasi Lorong Sehat, tepatnya di Lorong 14. Di Lorong Sehat ini, warga yang butuh tanaman obat alami seperti daun Kumis Kucing, daun Keji Beling, daun Klorofil, daun Dewa, daun Sirsak, dan daun Mengkudu, dapat mengambilnya.

Disamping manfaat penting bagi kesehatan, Lorong Sehat ini berhasil mengubah suasana lingkungan sebelumnya. “Setelah adanya Lorong Sehat ini, warga merasa tentram. Berbeda sebelumnya, yang tidak tertata dengan baik, setelah ditata dengan baik dan sudah bersih, warga merasa senang dengan adanya penataan Lorong Sehat ini,” jelas Zainal, Selasa (03/05/2016) lalu.

Program Lorong Sehat ini adalah buah dari kerjasama antara pihak kelurahan, puskesmas, dan warga setempat. “Kita juga berterimakasih kepada Lurah dan Puskesmas. Tanpa adanya bantuan dari kedua belah pihak dan warga sekitar, tidak mungkin terjadi seperti ini,” ungkap Zainal.

Camat Makassar, Thahir Rasyid, yang dikonfirmasi lewat WhatsApp-nya, Selasa (03/05/2016), menjelaskan bahwa semua lorong harus dalam kategori sehat karena warga lebih banyak tinggal di lorong. Semua kelurahan diwajibkan bekerjasama dengan puskesmas (PKM) masing-masing melakukan pembinaan dan pembentukan Lorong Sehat. Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Thahir Rasyid, akan dilakukan secara bertahap.

Sementara itu, Lurah Maccini, Juliaman, Selasa (03/05/2016), mengharapkan terbentuknya lorong sehat di seluruh RT di wilayahnya. “Harapan kami ke depan, seluruh RT yang ada di Kelurahan Maccini mempunyai Lorong Sehat seperti ini, agar supaya warga dapat tersentuh langsung terkait Lorong Sehat tersebut,” kata Juliaman.* (Iskandar Burhan)

‘PostBanner’/

Comment