by

Ibrahim Saleh: Sistem Jaminan Sosial Nasional untuk Kesejahteraan Warga Secara Merata

Sumber Foto: Humas Pemkot Makassar, 2016



Smartcitymakassar.com. –Makassar- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Ibrahim Saleh, membuka dan memberikan sambutan dalam gathering Badan Usaha dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) yang dilaksanakan di Ball Room Phinisi Hotel Clarion. Kamis (28/4/2016).

Gathering ini merupakan kerjasama antara Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) dengan Pemerintah Kota Makassar dalam memberikan pelayanan jaminan kesehatan bagi badan usaha, dan pegawai pemerintah non pegawai negeri yang telah diatur dalam Peraturan Presiden (PP) No 111 tahun 201. 

PP tersebut menjelaskan bahwa seluruh lembaga atau instansi, baik ditingkat pusat maupun daerah wajib mendaftarkan pegawai honorernya ke dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Demikian juga kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diselenggarakan oleh BPJS.

Ibrahim Saleh, dalam sambutannya, tekankan pentingnya setiap warga negara mendapatkan pelayanan kesehatan. “Undang Undang Dasar 1945 telah mengamanatkan jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin, dan tidak mampu, ini telah diatur dalam sistem jaminan sosial nasional salah satunya melalui jaminan kesehatan nasional dimana tujuannya menyejahterakan secara merata warga masyarakat untuk dapat hidup, produktif dan sejahtera,” papar Irahim Saleh.

Ditambahkannya pula, “kendala yang selama ini dihadapi adalah pendataan yang tidak akurat terkait keikut sertaan PPNP. Untuk itu menjadi tanggung jawab bagi kita semua, agar pemberian jaminan kesehatan nasional kepada masyarakat khusunya masyarakat bisa merata, sebagaimana misi yang telah diprogramkan  Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, menjadikan Makassar dua kali tambah baik.”

Hadir pada kegiatan ini diantaranya Latunreng, Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Mariamah, Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional IX,  Kepala Dinas Kesehatan Gowa, Takalar, Pangkep, dan Makassar, sejumlah pimpinan perusahaan serta beberapa Direktur Rumah Sakit Swasta di Makassar.* (Iskandar Burhan)

Comment