by

Danny Harap INSA Dukung Ide Poros Maritim Dimulai di Makassar

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, hadiri Rapat Anggota Cabang INSA (Indonesia Nasional Shipowners Association) XIV, di Hotel Grand Clarion, Kamis (28/04/2016).
Sumber Foto: Humas Pemkot Makassar, 2016


Smartcitymakassar.com. –Makassar- Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mendorong INSA untuk memperkuat Poros Maritim yang dimulai dari Makassar. Harapan tersebut disampaikan saat Danny membuka Rapat Anggota Cabang (RAC) INSA (Indonesia National Shipowners Association) XIV bertema “Mengawal Program Tol Laut Nasional Menuju Kedaulatan Ekonomi Nasional Maritim” di Grand Clarion Hotel, Kamis, (28/04/2016).

Harapan tersebut didasari oleh diantaranya latar belakang historis dan geografis serta daya saing Makassar saat ini. Menurutnya, secara historis, Makassar dikenal dengan armada maritim yang kuat dengan pelabuhan yang menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal dari berbagai penjuru dunia.

Sementara Orang Makassar, di masa tersebut, oleh orang Portugis menggelarnya Celebes De Makassares, yang berarti orang–orang Makassar yang ulung dan mahsyur. Jejak kemahsyuran pelaut Makassar dapat ditemukan pada hukum laut internasional yang mengadopsi hukum Amanagappa yang berisi 21 pasal, beberapa bagiannya sangat rinci menjelaskan mengenai ketentuan-ketentuan dalam pelayaran.

Dari segi fasilitas, sekarang Makassar telah memiliki pelabuhan internasional Soekarno-Hatta dan Makassar New Port yang akan hadir di Makassar.  “Kembali ke maritim itulah unggulan kita. Posisi Makassar yang berada di tengah-tengah (pusat) Indonesia sangat tepat untuk memulai Poros Maritim dari titik ini,” ungkap Danny.* (Iskandar Burhan)

Comment