by

Pembentukan Bank Sampah Terus Digenjot Lurah Kassi-Kassi Makassar

Kegiatan warga di Bank Sampah Kelurahan Kassi-Kassi, Kecamatan Rappocini, Minggu (17/04/2016).
Sumber Foto: A. Bintang, Lurah Kassi-Kassi, Makassar, 2016

Smartcitymakassar.com. –Makassar- Lurah Kassi-Kassi, Kecamatan Rappocini, Makassar, A. Bintang, menggenjot terus pembentukan Bank Sampah di wilayahnya. Hal tersebut dilakukan sebagai bagian kepedulian A. Bintang terhadap peningkatan ekonomi warganya yang berada di bawah rata-rata.

Hingga kini, A. Bintang menjelaskan bahwa telah terbentuk sebanyak empat (4) bank sampah di wilayahnya, yakni Bank Sampah Arumpala, Longgar, Ertasning dan Sipakainga. Menurut Erni, Direktur Sipakainga, jumlah nasabahnya sekitar lima puluh (50) orang. Tiap dua minggu sekali, mereka menjual ke bank Sampah Pusat. 

A. Bintang menambahkan bahwa pada Sabtu (16/3/2016) lalu, misalnya, ada sekitar 500 Kg tertimbang dengan nilai sekitar satu juta lima ratus Rupiah. Lebih lanjut, Lurah Kassi-Kassi ini menjelaskan, “dengan adanya bank sampah, dapat mengurangi volume sampah yang diangkut mobil Tangkasaki untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah (TPA), serta menambah pendapatan bagi tingkat ekonomi bawah dan menengah.”

“Dengan adanya bank sampah warga turut peduli akan Makassar Tidak Rantasa dan dapat hidup secara berkelompok dengan adanya bank sampah,” tutup A Bintang.* (Iskandar Burhan)

Comment