by

7 Cara Merawat Kesehatan Mata Anda

ilustrasi
smartcitymakassar.com –Makassar- Mata merupakan salah satu panca indera kita yang paling penting. Dia menjadi jendela kita dalam mengenal dunia luar. Keindahan pantai di waktu senja, kabut yang turun dari pegunungan adalah bagian yang paling mengesankan untuk kita saksikan.
Dengan demikian menjaga dan merawat kesehatan mata kita merupakan sesuatu yang sangat penting. Berikut adalah tips untuk menjaga mata Anda tetap sehat
1. Makan makanan sehat
Makanan sehat merupakan fondasi untuk tubuh yang sehat dan kuat dan mata Anda juga bukan pengecualian. Makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, beta karoten sangat penting untuk kesehatan mata. Cukupu kebutuhan nutrisi mata Anda dengan mengkonsumsi sayuran hijau, minyak ikan, telur, kacang, buah-buahan citrus dan wortel
2. Bekerja dengan cahaya yang cukup
Cahaya memainkan peranan penting dalam menentukan kesehatan mata Anda. Jika Anda bekerja dalam penerangan yang kurang dan dalam waktu yang lama maka penglihatan Anda pasti akan rusak. Pastikan penerangan diatas kepala Anda tidak terlalu terang ataupun terlalu gelap sehingga tidak membuat mata Anda lelah saat bekerja. Jika Anda bekerja menggunakan komputer dalam waktu yang lama, pastikan Anda mempunyai penerangan dari meja Anda. Tambahkan tingkat ketajaman cahaya komputer sampai mata Anda terasa nyaman.
3. Lindungi mata Anda
Jika pekerjaan Anda melibatkan hazard berbahaya yang dapat merusak mata, pastikan Anda melindungi mata dengan google pelindung mata. Saat Anda bekerja menggunakan komputer dalam waktu yang lama, gunakanlah kacamata anti radiasi atau kacamata yang diresepkan oleh dokter. Terekspose sinar UV dari matahari dalam waktu yang lama juga dapat merusak mata Anda sehingga gunakanlah kacamata hitam dengan lensa pelindung sinar UVA dan UVB saat Anda beraktifitas di luar ruangan dalam waktu yang lama.
4. Berkediplah
Sering sekali terjadi saat Anda fokus memandang objek yang sangat jauh atau sangat dekat, Anda memperlambat waktu berkedip. Gerakan berkedip sebenarnya bertujuan untuk melembabkan mata dan mencegah terjadinya kekeringan, pandangan kabur dan gangguan mata lainnya.
5. Olahraga mata
Ya olahraga memamng dimaksudkan untuk seluruh anggota tubuh. Jangan pernag lewatkan olahraga jika Anda menginginkan penglihatan yang baik. Otot-otot mata harus dilatih untuk menghilangan ketegangan karena ekpose terus menerus. Bagaimana cara melakukannya? Peganglah pensil tiga inchi jauhnya dari mata kemudian fokuskan pandangan pada ujung pensil tersebut. Ambil nafas dalam-dalam sementara Anda memblok semua cahaya yang masuk ke mata. Juga Anda harus ingat untuk tidur cukup 8 jam sehari agar tubuh dan mata Anda cukup beristirahat.
6. Berhenti merokok
Berhentilah merokok, dan bila Anda bukan seorang perokok, jangan pernah berpikir untuk memulainya supaya penglihatan Anda tetap sehat terjaga. Merokok sangat buruk untuk kesehatan mata dan kesehatan tubuh pada umumnya. Penelitian menunjukkan merokok berkaitan erat dengan peningkatan degenerasi makula, kerusakan syaraf optik dan katarak.
7. Menjaga kebersihan kontak lensa
Jika Anda menggunakan kontak lensa, rawatlah lensa Anda setelah Anda merawat mata Anda. Pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan bersih sebelum memegang kontak lensa untuk menghindari terjadinya infeksi. Kontak lensa harus dibersihkan dengan baik dan benar, juga cairan pembersih kontak lensa harus diganti secara periodik.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan mata Anda. Sikap acuh tidak acuh dan tidak memperhatikan kesehatan mata merupakan penyebab umum terjadinya kerusakan mata. (Iskandar Burhan)

Comment