by

‘Open Data’ iCityApp Portal: Menggerakkan Seluruh Elemen dalam Smart City Berinovasi

iCityApps, 2016. Source: iCityApps website

Smartcitymakassar.com. –Makassar- Uni Eropa membangun sebuah portal ‘open data’ bernama ‘iCityApp’. Platform ‘open data’ yang telah diluncurkan awal tahun 2016 ini menyediakan tempat bagi pengembang aplikasi menciptakan aplikasi-aplikasi baru untuk masalah perkotaan. Diharapkan dengan aplikasi tersebut memberikan keuntungan bagi warga di satu sisi, dan menyumbangkan kemajuan ‘smart city’.

Aplikasi ini berasal dari proyek yang didanai oleh Uni Eropa bernama ICITY (Linked Open Apps Ecosystem to open up innovation in smart cities). Proyek ini menawarkan apapun yang dibutuhkan bagi pihak pemerintah dan para pengembang aplikasi inovatif yang fokus pada masalah perkotaan untuk menciptakan aplikasi yang mendorong iklim usaha, meningkatkan layanan publik, serta menarik investasi.

‘FooterBanner’


Sistem informasi publik yang disediakan dari satu portal ‘open data’ platform ini dapat diakses dari sejumlah kota dalam wilayah Uni Eropa. Bagi pengembang aplikasi, portal ini menyediakan petunjuk atau penuntun cara membangun aplikasi lengkap dengan perangkatnya atau ‘tools’.

Bagi warga atau pengguna yang tertarik pada aplikasi di portal, disediakan tautan untuk mengunduhnya (download). Pengguna juga diberikan informasi tentang aplikasi tersebut, misalnya siapa pengembangnya, apa fungsi-fungsinya, keuntungan, serta petunjuk tentang di kota-kota mana aplikasi tersebut tersedia.

BACA JUGA:  Diduga Kelompok Peretas China Telah Bobol Jaringan BIN dan Kementerian

Tidak hanya itu, portal tunggal ini punya ‘Idea Exchange’, yang memungkinkan antara pengguna dan pengembang aplikasi bisa saling bertukar ide dan inspirasi. Team dari proyek iCity ini berkeyakinan, bagian ini penting bagi pengembang dalam mendapatkan ide-ide baru menyangkut layanan yang dari sisi pengguna belum tersedia di tempat mereka.

Sejumlah aplikasi telah tersedia di portal ini. Misalnya, ‘ParkFinder’ dari pengembang bernama SEAT, sebuah perusahaan mobil yang bekerjasama dengan pengembang aplikasi. ‘ParkFinder’ menyediakan informasi tempat parkir yang kosong di seluruh kota. Di kota Genoa, Italia, sebuah aplikasi, berfungsi memonitor kualitas udara di kota tersebut.

Aplikasi lainnya berfungsi melakukan monitor terhadap perilaku pengguna dalam pengelolaan dan daur-ulang sampah. Di kota London, sebuah aplikasi ditujukan bagi para penggemar ‘jogging’ dengan menyediakan informasi detail perihal suhu dan kecepatan angin.* (Riad Mustafa)

(Sumber: iCityApps website dan Cordis ‘Community Research and Development Information System’ European Commission)

Comment