by

Workshop Penyusunan HPS Lingkup Pemkot Makassar

Workshop Penyusunan HPS Lingkup Pemkot Makassar, Senin (04/04/2016).
Sumber Foto: Humas Pemkot Makassar, 2016. (Makassar Smart & Sombere’ City)


Smartcitymakassar.com. –Makassar- Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Makassar menyelenggarakan Workshop Penyusunan Harga Perkiraan  Sendiri (HPS) Tahun Anggaran 2016 Angkatan l, di Hotel Kenari, Senin (04/04/2016). Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Ibrahim Saleh membuka workshop ini.


Menurut Irwan Miladji, Kepala Bidang Aset, kegiatan yang diikuti 150 peserta dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkot Makassar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap permasalahan yang biasa ditemui dalam proses pengadaan barang /jasa. 

“Tidak jarang kita temui penetapan HPS yang terlalu rendah, sehingga penyedia tidak berani melakukan penawaran, akibatnya pelelangan terancam diulang bahkan gagal, dan dapat merugikan keuangan negara,” ungkapnya.

“Dengan adanya Workshop HPS ini, diharapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) mampu menilai kewajaran penawaran pengadaan barang/jasa, sehingga sumber data bisa valid dan dapat dipertanggung jawabkan”, sambungnya.

Dalam sambutannya, Ibrahim Saleh menekankan perlunya menerapkan Kepres No 70 tahun 2012 tentang Pengadaan Barang dan Jasa. “Saya harap para peserta mampu mencermati kegiatan ini, agar mampu memberikan pengetahuan serta membangun sumber daya manusia yang bisa melaksanakan pengadaan barang dan jasa pemerintah Kota Makassar secara lebih efisien, berkualitas dan akuntabel,” jelasnya.* (Iskandar Burhan)

Comment