by

Ini Hasil Inovasi ‘Arisan Lorong’ Kelurahan Pandang


smartcitymakassar.com –Makassar- Program Inovatif Kelurahan  Pandang Kecamatan Panakukang ini pantas diacungi jempol. Pasalnya dengan memanfaatkan kegemaran warga melakukan arisan, sebuah lorong bisa’disulap’ sedemikian cantik dan asri.

Menurut Lurah Pandang Nawir, terobosan ini bermula saat dia mencermati banyaknya kelompok arisan di tiap RW di wilayahnya. Berangkat dari sanalah, Nawir meracik program yang yang memadukan antara arisan dengan penataan lorong yang memang tengah gencar dilakukan Pemkot Makassar.

“Saya amati setiap RW ada arisan, jadi tinggal dimodifikasi atau bisa pula nebeng dengan ariras yang sudah ada” kata Nawir ketika dihubungi smartcitymakassar.com via WhatsApp, Minggu (4/3/2016)

Program inovasi ‘Arisan Lorong’ ini mulai diterapkan di RW 6 RT C , Jalan Toddopuli 3 Kelurahan Pandang dengan membentuk kelompok arisan lorong yang bisa mencapai 20 rumah tangga/lorong. Dengan menyetor Rp.20 ribu/rumah tangga, kelompok ini kemudian mengundi (lot) dan hasil arisan ini langsung digunakan untukmembeli bahan material utuk menata lorong seperti cat, pot, bunga dan lain-lain.

Hasilnya memang cukup efektif. Hanya berkisar dua bulan saja maka lorong di di RW 6 Toddopuli 3 itu sudah tertata rapi.

“Panjang lorong yang sudah ditata sampai saat ini ada ekitar 90 meter. RW 6 RT C ini memang saya jadikan pilot project. Hasilnya terbukti sangat baik”, kata Lurah Nawir.

Ia berharap, program ‘Arisan Lorong’ ini bisa diterapkan disemua lorong Kota Makassar karena disamping mampu menata lorong dengan cepat juga sangat menggerakkan partisipasi warga untuk memperbaiki lingkungan sekitarnya. (Iskandar Burhan)

Comment